Selasa 07 April 2020, 17:19 WIB

Gara-gara Covid-19, Robot Gantikan Mahasiswa Jepang Hadiri Wisuda

Nur Aivanni | Internasional
Gara-gara Covid-19, Robot Gantikan Mahasiswa Jepang Hadiri Wisuda

Ina FASSBENDER / AFP
Robot

 

ACARA wisuda di Jepang telah dibatalkan karena pandemi virus korona. Namun, salah satu universitas menggantikan kehadiran mahasiswanya dalam acara wisuda dengan robot.

Dikutip dari Channel News Asia, Selasa (7/4), robot yang dijuluki "Newme" oleh pengembang ANA Holdings itu mengenakan topi dan toga wisuda dalam acara wisuda di Business Breakthrough University di Tokyo.

"Wajah" robot adalah tablet yang menampilkan wajah para wisudawan, yang bergabung di acara tersebut dari rumah dan mengendalikan robot melalui laptop mereka.

Satu per satu, robot-robot itu menuju podium untuk menerima ijazah mereka. Staf sekolah bertepuk tangan dan berkata "selamat!" ketika Presiden Universitas Kenichi Ohmae meletakkan ijazah di atas rak yang dipasang di bagian tengah robot.

"Saya pikir ini benar-benar pengalaman baru untuk menerima ijazah di area publik sementara saya berada di ruang pribadi," kata Kazuki Tamura melalui avatar komputernya ketika menerima ijazahnya.

Pihak universitas berharap pendekatannya itu dapat diadopsi oleh universitas lain yang ingin menghindari pertemuan massal.

Namun, pihak universitas pun membatasi acara wisuda hanya untuk empat wisudawan sehingga robot dapat mempraktikkan social distancing atau jaga jarak sosial di tengah pandemi. (CNA/OL-4)

Baca Juga

AFP/Alberto PIZZOLI

Kematian Akibat Covid-19 di Italia Meningkat Lagi

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 11:15 WIB
Total korban tewas sejak wabah tersebut terungkap pada 21 Februari adalah 33.229, yang merupakan tertinggi ketiga di dunia setelah Amerika...
AFP

Aksi Unjuk Rasa Atas Kematian Flyod Marak, Gedung Putih Ditutup

👤Deri Dahuri 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 09:47 WIB
Pada pagi Jumat (30/5) waktu setempat atau hari ini (31/5) waktu Indonesia, para demonstran berkumpul di luar Gedung Putih yang menjadi...
AFP/CARL DE SOUZA

Korban Meninggal Akibat Covid-19 di Brasil Lampaui Spanyol

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 09:44 WIB
Brasil berada di urutan kedua dalam jumlah kasus yang dikonfirmasi, meskipun masih berada jauh di belakang Amerika Serikat (AS) yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya