Selasa 07 April 2020, 16:37 WIB

907 WNI Jamaah Tablihg Terjebak di Luar Negeri Karena Covid-19

Putri Rosmalia Octaviyani | Internasional
907 WNI Jamaah Tablihg Terjebak di Luar Negeri Karena Covid-19

SAM PANTHAKY / AFP
Suasana penampungan WNA akibat penerapan karantina di India

 

MENTERI Luar Negeri, Retno Marsudi, mengatakan bahwa setidaknya 907 orang WNI jamaah tabligh masih berada di luar negeri. Sebagian besar berada di India.

Berdasarkan data Kementerian Luar Negeri, ada 62 kelompok jamaah WNI di India. Seluruhnya tersebar di 12 negara bagian.

"Yang ada di data Kemenlu terdapat 907 WNI Jamaah Tabligh. Kami yakin jumlahnya pasti lebih banyak dari jumlah yang ada di data kami," ujar Retno, dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR secara virtual, Selasa, (7/4).

Baca juga: Ada 1.456 WNI Ikuti Tabligh Akbar di Luar Negeri

Retno mengatakan, Kemenlu terus melakukan komunikasi dengan pihak India dan negara lain yang terdapat jamaah tabligh atau WNI lainnya. Komunikasi dengan perwakilan Indonesia di luar negeri juga terus dilakukan.

"Kami juga tekah melakukan komunikasi dengan menteri luar negeri India untuk menyampaikan menitipkan WNI dari jemaah tablig ini untuk keselamatan dan kesehatan mereka," ujar Retno.

Sebelumnya, dalam kesempatan terpsah, Retno mengatakan jumlah warga negara Indonesia (WNI) yang mengikuti kegiatan jemaah tabligh di luar negeri berjumlah 1.456. Dari jumlah tersebut, sebanyak 731 orang berada di India. Sementara itu, ada juga jemaah tabligh Indonesia yang berada di Malaysia. Mereka mengikuti kegiatan tabligh akbar di Masjid Jamek Sri Petaling, Kuala Lumpur, akhir Februari lalu.

Kegiatan tersebut dilaporkan menjadi penyumbang pasien positif Covid-19 di Malaysia. Ada WNI juga yang diketahui menjadi pasien Covid-19 di Negeri Jiran itu.

Meski demikian, belum ada keterangan resmi jumlah WNI jemaah tabligh yang terjangkit Covid-19. Namun, data dari Kementerian Luar Negeri RI, sebanyak 34 WNI terjangkit Covid-19 di Malaysia. (OL-4)

Baca Juga

AFP/MANAN VATSYAYANA

Media Jerman Jelaskan Keberhasilan Vietnam Perangi Covid-19

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Selasa 02 Juni 2020, 16:16 WIB
Portal Marzahn-hellersdorf di Jerman telah menerbitkan artikel yang menjelaskan faktor-faktor yang berkontribusi pada keberhasilan Vietnam...
AFP/Tarso Sarraf

Sistem Kesehatan Amerika Latin Berisiko Gagal Tangani Covid-19

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 02 Juni 2020, 15:52 WIB
WHO memperingatkan sistem kesehatan di seluruh Amerika Latin, lantaran kasus kematian akibat covid-19 sudah mencapai 50.000...
AFP/Dave Chan

Kanada Tolak Undang Rusia dalam KTT G7

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 02 Juni 2020, 15:15 WIB
Rusia dikeluarkan dari G7 setelah menginvasi Crimea beberapa tahun yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya