Selasa 07 April 2020, 15:41 WIB

​​​​​​​Seleksi Direktur Penyelidikan KPK: Dua Polri, Dua Internal

 Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
​​​​​​​Seleksi Direktur Penyelidikan KPK: Dua Polri, Dua Internal

MI/SUSANTO
KPK kembali melakukan serangkaian tahapan seleksi untuk posisi Direktur Penyelidikan.

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan serangkaian tahapan seleksi untuk pejabat struktural. Di posisi Direktur Penyelidikan, komisi merampungkan ada empat calon yang mengikuti seleksi yakni dua di antaranya dari Polri dan dua lainnya dari internal KPK.

"KPK telah melakukan tes wawancara dan penyampaian visi misi para kandidat calon Direktur Penyelidikan KPK," kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri, Selasa (7/4).

Keempat kandidat Direktur Penyelidikan tersebut yakni Nazirwan Adji Wibowo (Widyaiswara Muda Sespimti Polri), Iguh Sipurba (Plt Direktur Penyelidikan KPK), Endar Priantoro (Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri), dan Afief Yulian Miftach (Kasatgas XIII Direktorat Penyidikan KPK).

Para kandidat tersebut sebelumnya telah mengikuti tes uji kompetensi dan asessment yang dilakukan oleh pihak ketiga yang independen dan profesional. Tes wawancara dan penyampaian visi misi soal pemberantasan korupsi dilakukan langsung oleh Pimpinan KPK, Sekjen, dan Kepala Biro SDM terhadap seluruh kandidat.

"KPK mengharapkan peran aktif masyarakat untuk mengawal dan memberikan masukan mengenai rekam jejak para kandidat dari 4 (empat) jabatan struktural di KPK tersebut sehingga nantinya terpilih pejabat struktural yang berintegritas dan profesional," imbuh Ali.

Baca juga: KPK Panggil Seorang Jaksa dalam Kasus Nurhadi

Selain posisi Direktur Penyelidikan, KPK juga tengah melakukan seleksi 4 jabatan struktural lainnya yaitu Deputi Penindakan, Deputi Informasi dan Data, dan Kepala Biro Hukum.

Untuk posisi Deputi Penindakan, terdapat 11 pelamar yang memperebutkan posisi tersebut. Dari total 11 pelamar, ada tujuh polisi dan empat jaksa yang mengikuti seleksi. Dari 11 pelamar, hanya tiga orang yang dinyatakan lolos dan mengikuti proses lanjutan.

Tiga kandidatyang lolos tersebut semuanya berasal dari Polri yakni Wakil Kapolda DI Yogyakarta Brigjen Pol Karyoto, Kepala Diklat Reserse Lemdiklat Polri Brigjen Pol Agus Nugroho, dan Wakil Kapolda Sumatera Selatan Brigjen Pol Rudi Setiawan.

Adapun untuk posisi Kepala Biro Hukum, ada empat kandidat yang lolos tes uji kompetensi dan assessment, yaitu Ahmad Burhanudin (Jaksa Fungsional pada Bidang Pembinaan Kejaksaan Agung yang saat ini diperbantukan pada KPK), Indra Mantong Batti (Fungsional Utama Biro Hukum KPK), Efi Laela Kholis (Plt Karo Hukum/Kabag Litigasi dan Non Litigasi KPK), dan Anwar Efendi (Irbid Jemen SDM 1 Itwil 2 Itwarsum Polri). (A-2)

Baca Juga

Ilustrasi

Oknum Anggota DPRD Seruyan Tersangka Narkoba

👤Sri Utami 🕔Selasa 02 Juni 2020, 15:01 WIB
Oknum anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, M Erwin Toha alias Erwin ditangkap polisi diduga mengkonsumsi dan memiliki...
ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

DPR: Penangkapan Nurhadi Momentum Bereskan Mafia Peradilan

👤Putra Ananda 🕔Selasa 02 Juni 2020, 15:00 WIB
Jika KPK berhasil mengembangkan kasus Nurhadi ini maka ini akan membantu dunia peradilan kita untuk mendapatkan peningkatan...
ANTARA FOTO/Reno Esnir

ICW Desak KPK Gunakan Pasal TPPU untuk Nurhadi

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 02 Juni 2020, 14:27 WIB
Peneliti ICW Kurnia Ramadhana mengungkapkan terkait kasus tersebut, KPK harus mengembangkan lagi dengan delik dugaan pencucian...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya