Selasa 07 April 2020, 13:03 WIB

Kawal Distribusi APD (Alat Pelindung Diri) Agar Tepat Sasaran

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Kawal Distribusi APD (Alat Pelindung Diri) Agar Tepat Sasaran

Istimewa/DPR
Ketua DPR RI Puan Maharani.

 

KETUA DPR RI Puan Maharani mengapresiasi pernyataan Presiden Joko Widodo yang sudah menekankan bahwa penyaluran bantuan sosial perlu tepat sasaran. "Ini berarti pelaksanaan kebijakan di lapangan perlu dilakukan berbasis data yang akurat dan terbaru serta prosesnya tidak berbelit-belit," kata Puan pada keterangan persnya, Selasa (7/4).

"Semangat tepat sasaran yang sama perlu diterapkan juga dalam penyaluran Alat Pelindung Diri (APD) ke berbagai rumah sakit di daerah-daerah yang terdampak Covid-19," jelas Puan.

Ketua DPR RI juga menyarankan pemerintah perlu memiliki database yang diperbaharui secara real-time terkait rumah sakit dan fasilitas kesehatan yang tenaga kesehatannya memerlukan APD. Selain itu, berapa banyak dan bagaimana penyebarannya yang tepat.

Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri dan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 juga perlu menguatkan koordinasi dan sinergi dengan Pemerintah Daerah, Provinsi, dan Kabupaten/Kota dalam memastikan bahwa APD yang sudah sampai di daerah agar langsung didistribusikan dan benar-benar sampai di tujuan dalam wkatu yang cepat.

"Kita tidak boleh berasumsi bahwa ketika APD sudah dikirimkan dari pusat ke daerah maka otomatis sudah akan diterima oleh Rumah Sakit tujuan. Perlu ada mekanisme untuk memastikan bahwa APD sudah diterima langsung oleh berbagai Rumah Sakit yang menjadi rujukan penanganan Covid-19," tutur Puan.

"Saya yakin bahwa ini dapat dilakukan dengan penggunaan data akurat, penyederhanaan proses pengiriman, dan mekanisme pengawasan dari hulu ke hilir," tuturnya. (OL-09)

Baca Juga

ANTARA

Sebelum Jalankan Normal Baru, Pemerintah Harus Terbuka

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 28 Mei 2020, 06:40 WIB
Wakil Ketua Fraksi PKS Sukamta meminta pemerintah menyampaikan situasi dan kondisi sebenarnya dalam penanganan covid-19,bukan mewacanakan...
Bappenas/Riset MI-NRC/Grafis: Seno

Perketat Disiplin Sosial

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 28 Mei 2020, 06:18 WIB
Setiap daerah diharapkan mendapat kewenangan untuk menentukan strategi penanganan pandemi sesuai karakteristik...
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

140 Napi Asimilasi Kembali Berulah

👤Kautsar Bobi 🕔Kamis 28 Mei 2020, 05:48 WIB
Polisi kembali menangkap 140 narapidana asimilasi covid-19 yang kembali berulah melakukan kejahatan di masyarakat. Dari pantauan kasus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya