Selasa 07 April 2020, 11:28 WIB

Pemkab Musi Banyuasin Bagikan 10.000 Masker Gratis

Dwi Apriani | Nusantara
Pemkab Musi Banyuasin Bagikan 10.000 Masker Gratis

MI/Dwi Apriani
Bupati Muba Dodi Reza Alex membagikan masker kepada masyarakat di wilayahnya untuk mencegah penyebaran korona, Selasa (7/4/2020).

 

UNTUK mendukung pencegahan penyebaran pandemi virus korona baru (covid-19), Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin membagikan 10.000 masker gratis pada warganya. Masker yang dibagikan yakni merupakan masker kain yang diproduksi oleh para penjahit yang ada di wilayah Musi Banyuasin, Selasa (7/4).

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex membagikan masker kepada masyarakat Muba. Ia mengatakan untuk tahap pertama ini akan ada sebanyak 10 ribu masker yang dibagikan gratis kepada warga Muba dengan melibatkan jasa pembuatan dari penjahit lokal di Muba.

"Kita targetkan akan membuat satu juta masker kain gratis untuk warga Muba, selain melindungi warga dari penularan covid-19 setidaknya program ini juga meringankan beban hidup penjahit di Muba yang saat ini terdampak perekonomiannya," katanya.

Ia menerangkan, masker kain nantinya dianjurkan untuk dipakai saat bepergian di luar rumah oleh orang yang sehat. Sementara masker surgical atau masker yang selama ini digunakan hanya dipakai untuk tenaga medis serta ODP dan PDP.

"Kendati masker kain bisa digunakan untuk mencegah virus corona, masyarakat tetap diimbau untuk menjaga jarak aman 1-2 meter," terangnya.

Dodi berkeyakinan, dengan gerakan masker Muba nantinya dapat menghambat proses penyebaran dari virus korona. 

"Bahwasanya kita sering berpendapat jika yang sehat tidak perlu memakai masker ternyata walaupun kita sehat belum tentu dapat terhindar dari virus covid-19. Sehingga pada saat kita bertemu dengan orang yang rentan daya tahannya menurun, berpotensi untuk menyebabkan virus dari tubuh kita itu masuk ke mereka yang daya tahan tubuhnya lagi menurun dan menjadi penyakit, Jadi yang sehat pun memakai masker kain," terangnya.

Ketua Dekranasda Muba, Thia Yufada Dodi Reza menyebutkan, pihaknya akan maksimal berperan untuk gerakan masker Muba ini nantinya. 

"Ini langkah konkrit dan gerakan nyata untuk meminimalisir serta mencegah penularan covid-19," kata Thia.

baca juga: Hiburan Badut Untuk Anak-Anak Lewat Medsos

Ia menambahkan, gerakan masker Muba ini juga dapat meringankan beban UMKM khususnya penjahit di Muba yang saat ini terdampak akibat wabah covid-19.

"Semoga gerakan masker Muba ini bermanfaat untuk warga Muba, serta warga Muba terhindar dari wabah Covid-19," tandasnya. (OL-3)
 

Baca Juga

Dok DPW NasDem Kalteng

NasDem Kalteng Perkenalkan Paslon Sugianto-Edy

👤Surya Sriyanti 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 07:07 WIB
Sembari melihat kebun warga, NasDem Kalteng juga menyampaikan bahwa paslon nomor urut 2 ini memiliki kekuatan pendukung 33 kursi dari 45...
MI/Hijrah Ibrahim

Langgar Netralitas, 98 ASN di Malut Diadukan ke KASN

👤Hijrah Ibrahim 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 06:36 WIB
Dari 98 ASN yang terbukti melanggar netralitas pilkada itu, terbanyak berasal dari Kabupaten Kepulauan Sula disusul Halmahera Timur,...
MI/Arnoldus Dhae

Wamen LHK Beri Nama Buaya yang Lahir di Bali Safari Park

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 05:49 WIB
Buaya Sinyulong dikategorikan rentan atau vulnerable dalam daftar merah IUCN karena populasinya kurang dari 2.500 individu dan terus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya