Selasa 07 April 2020, 07:06 WIB

Pelajar SMA Nekat 'Sikat' Mobil Jenderal Polisi

Adi Kristiyadi | Nusantara
Pelajar SMA Nekat

Dok MI
Ilustrasi

 

SATRESKRIM Polres Tasikmalaya Kota berhasil menangkap pelajar SMA swasta berinisial RO, 16, warga Kecamatan Purbaratu, setelah mencuri mobil milik mantan Kapolda Jawa Barat Irjen (purn) Anton Charliyan di sebuah tempat pencucian kendaraan.

Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya Kota AKP Yusuf Ruhiman menjelaskan, RO sudah mengintai tempat pencucian mobil sambil menunggu pemiliknya pulang. 

"Pelajar berbekal informasi yang akurat hingga nekat menyebutkan nama pemiliknya Anton Charliyan sambil mengambil mobil Honda CRV dan pegawai pencucian tersebut langsung menyerahkan kunci kendaraan setelah selesai dicuci," katanya, Senin (6/4).

Yusuf mengatakan, selain mencuri mobil milik mantan Kapolda Jabar pelaku juga sempat membawa kabur kendaraan Yaris di tempat pencucian di wilayah Kecamatan Rajapolah, dengan modus serupa.

Namun, kendaraan tersebut ditukar dengan kendaraan roda dua yang sedang diservis di salah satu bengkel di Kabupaten Ciamis dan Kota Tasikmalaya.

"Sebelum melakukan aksinya, pelaku  mendatangi sebuah bengkel di Kabupaten Ciamis dengan modusnya disuruh pemiliknya membawa motor XRide hingga membawanya kabur ke Mangkubumi, Kota Tasikmalaya dan pelaku mengelabui pekerja bengkel disuruh pemiliknya untuk mengantikan dengan freego hingga dilarikannya ke pencucian mobil yang berada di Rajapolah," ujarnya.

Menurutnya, sesampainya di pencucian mobil di Rajapolah pelaku tersebut mengantikannya dengan satu unit mobil Yaris berwarna putih setelah ditinggal seorang perempuan. 

Dalam aksinya tersebut, RO membohongi pekerja dan mereka menyerahkan kuncinya tersebut hingga membawanya ke Jalan Mochammad Hatta, Kota Tasikmalaya tepat di pencucian mobil.

"Pelaku membawa dua mobil tersebut setelah berupaya membuat nomer polisi palsu di jalan untuk mengelabui petugas, dan mobil Yaris itu ditukar dengan kendaraan CRV milik mantan Kapolda Jabar. Atas perbuatannya tersebut, di jerat pasal 378 KUHPidana tentang penipuan dengan ancaman hukuman penjara 4 tahun," pungkasnya. (OL-8)

 

Baca Juga

MI/Adi Kristiadi

Pemkot Tasikmalaya Perpanjang PSBB di Wilayah Zona Merah

👤Kristiadi 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 00:25 WIB
Perpanjangan PSBB dilakukan di Cigantang, Sambongjaya, Kahuripan, Argasari, Empangsari, dan Cilembang yang masih berada di zona merah...
DOK MI

Lonjakan Kasus Covid-19 Berpotensi Terjadi di Jawa Barat

👤Bayu Anggoro 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 00:10 WIB
Emil menargetkan sedikitnya terdapat 300 ribu warga Jawa Barat yang akan di tes Covid-19. Masifnya pengetesan ini berpotensi meningkatkan...
Antara

Selain Risma. Khofifah Juga Telepon Doni Monardo soal Mobil Lab

👤Henri Siagian 🕔Jumat 29 Mei 2020, 23:43 WIB
"Kami mengirim surat permohonan dukungan percepatan penegakan diagnosis covid-19. Di dalam surat, kami mengajukan permohonan 15 unit...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya