Selasa 07 April 2020, 05:55 WIB

RSUD Palangka Raya Penuh, Penanganan PDP Gunakan Ruang Bapelkes

Antara | Nusantara
RSUD Palangka Raya Penuh, Penanganan PDP Gunakan Ruang Bapelkes

ANTARA
Foto Ilustrasi

 

PENANGANAN pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19 di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, kini sudah mulai menggunakan ruangan yang ada di Bapelkes setempat.
  
"Selalu penuh dan sekarang sudah mulai menggunakan ruangan yang telah disiapkan di Bapelkes," kata Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doris Sylvanus Palangka Raya Yayu Indriaty, Selasa (7/4).
  
Yayu menjelaskan, ruangan yang ada di Bapelkes telah digunakan sejak dua hari terakhir dan juga untuk menunggu hasil swab pasien yang telah dikirimkan ke laboratorium guna dilakukan pemeriksaan. Saat ini, baik di ruang yang tersedia di RSUD Doris Sylvanus maupun Bapelkes, ada sekitar 30 lebih pasien terkait Covid-19 yang sedang mendapat perawatan, terdiri dari PDP maupun pasien terkonfirmasi positif.
  
Perluasan pelayanan kesehatan dan penanganan Covid-19 ke Bapelkes memang telah disiapkan pemerintah daerah, sebab RSUD Doris Sylvanus merupakan salah satu rumah sakit rujukan terkait penanganan Covid-19 di Kalteng. Sehingga PDP yang dirawat di RSUD Doris Sylvanus tak hanya warga Palangka Raya, namun juga berasal dari kabupaten lainnya yang ada di Kalteng.
  
Berdasarkan data yang dirilis Tim Gugus Tugas Covid-19 Kalteng, selain RSUD Doris Sylvanus, rumah sakit lainnya yang menjadi rujukan penanganan Covid-19 di antaranya seperti RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, RSUD Murjani Sampit dan RSUD Muara Teweh.

baca juga: Pasien Sembuh Covid-19 Terus Bertambah
  
Sebelumnya Wakil Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kalteng Suyuti Syamsul pada jumpa pers beberapa waktu lalu menjelaskan, perluasan RSUD Doris Sylvanus dilakukan karena melihat perkembangan jumlah PDP dari waktu ke waktu.
  
"Untuk perluasan penanganan PDP ini kami siapkan Bapelkes jika memang diperlukan, dan untuk alternatif perluasan lagi barulah menggunakan asrama BPSDM," katanya. (OL-3)

Baca Juga

MI/Adi Kristiadi

Pemkot Tasikmalaya Perpanjang PSBB di Wilayah Zona Merah

👤Kristiadi 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 00:25 WIB
Perpanjangan PSBB dilakukan di Cigantang, Sambongjaya, Kahuripan, Argasari, Empangsari, dan Cilembang yang masih berada di zona merah...
DOK MI

Lonjakan Kasus Covid-19 Berpotensi Terjadi di Jawa Barat

👤Bayu Anggoro 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 00:10 WIB
Emil menargetkan sedikitnya terdapat 300 ribu warga Jawa Barat yang akan di tes Covid-19. Masifnya pengetesan ini berpotensi meningkatkan...
Antara

Selain Risma. Khofifah Juga Telepon Doni Monardo soal Mobil Lab

👤Henri Siagian 🕔Jumat 29 Mei 2020, 23:43 WIB
"Kami mengirim surat permohonan dukungan percepatan penegakan diagnosis covid-19. Di dalam surat, kami mengajukan permohonan 15 unit...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya