Selasa 07 April 2020, 06:15 WIB

Tingkat Radiasi Melonjak setelah Kebakaran Hutan di Dekat Chernob

Tingkat Radiasi Melonjak setelah Kebakaran Hutan di Dekat Chernob

AFP

 

UKRAINA telah melaporkan lonjakan tingkat radiasi di zona terlarang di sekitar Chernobyl, tempat kecelakaan nuklir terburuk di dunia, yang disebabkan kebakaran hutan.

“Ada kabar buruk, radiasi di atas normal di pusat kebakaran,” kata Kepala Layanan Inspeksi Ekologi Ukraina, Yegor Firsov, di laman Facebook-nya pada Minggu (5/4), seperti dikutip dari The Guardian, kemarin.

Di dalam unggahan tersebut termasuk sebuah video dengan alat pengukur radiasi ionisasi, geiger, menunjukkan radiasi 16 kali di atas normal. Firsov mengatakan bahwa api telah menyebar ke sekitar 100 hektare hutan. Kiev telah mengerahkan 2 pesawat, 1 helikopter, dan sekitar 100 petugas pemadam kebakaran untuk melawan api, yang berkobar pada Sabtu dan menyebar ke lebih dari 20 hektare di kawasan berhutan dekat pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl.

Pada Minggu pagi, api tidak tampak terbakar dan tidak ada peningkatan radiasi yang terdeteksi di udara, kata layanan darurat dalam sebuah pernyataan. Namun, layanan mengatakan pada Sabtu bahwa peningkatan radiasi di beberapa daerah telah menyebabkan `kesulitan’ dalam memadamkan api, sementara menekankan bahwa orang yang tinggal di dekatnya tidak dalam bahaya.

Chernobyl mencemari sebagian besar wilayah Eropa ketika reaktor keempatnya meledak pada April 1986, dengan wilayah di sekitar pembangkit listrik yang terkena dampak paling parah. Orang tidak diperbolehkan tinggal dalam jarak 30 kilometer (18 mil) dari pembangkit listrik tersebut.

Tiga reaktor lainnya di Chernobyl terus menghasilkan listrik sampai pembangkit listrik itu akhirnya ditutup pada 2000. Kebakaran biasa terjadi di hutan dekat pembangkit listrik itu akhirnya ditutup pada 2000. Kebakaran biasa terjadi di hutan dekat pembangkit listrik yang tidak digunakan itu. (The Guardian/Nur/I-1)

Baca Juga

AFP

Juni, Bioskop di Prancis Bakal Dibuka Kembali

👤Astri Novaria 🕔Jumat 29 Mei 2020, 22:55 WIB
Philippe mengatakan bioskop akan diizinkan untuk dibuka kembali di mana saja di seluruh Prancis pada 22 Juni (atau 24 Juni karena rilis...
AFP

Brasil Catat Rekor Tertinggi Kasus dan Kematian Korona

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 29 Mei 2020, 22:35 WIB
Dikutip dari France24, Jumat (29/5), negara di Amerika Selatan itu memiliki jumlah kasus covid-19 terbesar kedua di dunia, yaitu 438.238,...
AFP/YONHAP

Korsel Tutup Sekolah Lagi setelah Lonjakan Terbesar Kasus

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Jumat 29 Mei 2020, 20:50 WIB
Ribuan siswa sebelumnya pada Rabu kembali ke sekolah. Namun hanya sehari kemudian 79 kasus baru dicatat, angka harian tertinggi dalam dua...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya