Senin 06 April 2020, 19:20 WIB

Soal DKI-2: PKS Jelas Tak Mampu Tandingi Lobi Kuat Gerindra

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Soal DKI-2: PKS Jelas Tak Mampu Tandingi Lobi Kuat Gerindra

Dok. Humas DPRD DKI
Suasana pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta

 

Pengamat politik Usep S Ahyar menilai terpilihnya Ahmad Riza Patria sebagai wakil gubernur DKI Jakarta karena pengaruh Gerindra yang kuat.

Secara politis, kata Usep, terpilihnya wakil Gerindra menunjukkan bahwa partai besutan Prabowo Subianto itu mendapatkan dukungan dengan partai besar di DPRD DKI Jakarta sperti PDIP, Golkar, dan pendukung koalisi lainnya.

Di tengah pandemi covid-19, ungkap Usep, memang memerlukan keputusan-keputusan politik yang memerlukan deal-deal dengan DPRD. Menurutnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah mempertimbangkan hal ini.

Anies yang notabene tidak punya basis partai di DPRD dan terkesan kurang baik berkomunikasi dengan pemerintah pusat, perlu mendapatkan dukungan wakil gubernur yang mempunyai dukungan partai lebih besar.

Baca juga: Anies tidak Soalkan Pemilihan Wagub Saat Pandemi Korona

"Makanya, Anies pilih politisi dari partai pendukung yang juga punya kekuatan politik lumayan besar di DPRD, sehingga diharapkan jika ada keputusan politik yang memerlukan persetujuan DPRD, bisa lebih mudah dicapai," jelas Usep, Jakarta, Senin (6/4).

Posisi Gerindra pun di level pusat memiliki dukungan yang lebih baik, ketimbang PKS. Memilih perwakilan Gerindra sendiri, lanjutnya, barangkali sangat strategis dalam membangun jembatan dengan pusat.

"Memilih PKS mungkin kurang strategis saat ini, ketika mungkin koordinasi dengan pemerintah pusat sangat diperlukan. Kan hubungan Anies dengan pusat kurang banget," jelas Usep.

Namun di sisi lain, Usep juga menilai proses politik yang cepat dalam kondisi krisis ini memperlihatkan ketidaktranspanan dan nuansi politik yang sangat terasa. "Ini lebih banyak pada dinamika elite politik saja," pungkasnya. (Ol-14)

 

Baca Juga

MI/Susanto

MRT Jakarta Siap Jadi Model Transportasi di Masa New Normal

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 27 Mei 2020, 10:31 WIB
“Kita sangat ketat menerapkan prinsip social distancing. Semua pengguna jasa harus melewati pemeriksaan suhu, pengaturan jarak...
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Pemprov DKI Dapat Rp75 Juta dari Perusahaan Pelanggar PSBB

👤Kautsar Bobi 🕔Rabu 27 Mei 2020, 08:17 WIB
Besar kecil denda yang diberikan didasarkan pada tingkat pelanggaran yang dilakukan...
MI/Susanto

Kualitas Udara Ibu Kota Membaik

👤MI 🕔Rabu 27 Mei 2020, 00:55 WIB
LIBUR Idul Fitri berdampak positif bagi kualitas udara Ibu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya