Senin 06 April 2020, 18:45 WIB

Jadi Sumber Pembiayaan Utama, Pandemic Bond Ditargetkan Rp449,9 T

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Jadi Sumber Pembiayaan Utama, Pandemic Bond Ditargetkan Rp449,9 T

FOTO ANTARA/Puspa Perwitasari
Menteri Keuangan Sri Mulyani

 

MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati menuturkan, Surat Berharga Negara (SBN) dengan label pandemic bond ditargetkan akan mencapai nilai Rp449,9 triliun. Nantinya itu akan menjadi salah satu sumber pembiayaan pelebaran defisit yang mencapai Rp853 triliun di 2020.

"Saya dan Gubernur Bank Indonesia (BI) masih dalam proses pembuatan mekanisme agar pembelian SBN oleh BI. Apabila itu dilakukan, tentu kami akan tetap mengikuti rambu-rambu yang pruden dengan sharing risk dan sharing cost yang dapat dipertanggungjawabkan," ujar Sri Mulyani dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR, Senin (6/4).

Diketahui BI diperkenankan untuk membeli SBN itu di pasar perdana sehingga bank sentral dapat membantu pembiayaan defisit fiskal pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020. Itu dilandasi oleh Perppu 1/2020 yang dikeluarkan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Baca juga: Gara-gara Covid-19, Pemberian THR dan Gaji Ke-13 PNS Dikaji Ulang

Dari Perppu itu pula, Menteri Keuangan dan Gubernur BI diminta untuk menyusun skema lebih lanjut terkait pembelian SBN oleh BI di pasar perdana.

Ani, sapaan karib Sri Mulyani mengatakan, tentunya pemerintah dan BI akan transparan dalam penyusunan mekanisme tersebut. Untuk memastikan agar kebijakan itu tetap kredibel, maka DPR, BPK dan pihak-pihak terkait akan mendapatkan perkembangan informasi tersebut.

Di kesempatan yang sama, Gubernur BI Perry Warjiyo menuturkan, pembelian SBN di pasar perdana akan dilakukan bila kondisi pasar saham tidak lagi meyerap tingkat penerbitan yang besar. Ia juga memastikan kebijakan itu bukan merupakan bailout.

"Ini bukan bailout, saya tegaskan tidak ada bailout. Kaidah tata kelola tetap kita pegang dan kalau memang perlu dilakukan, nanti akan dibahas bersama KSSK," pungkas Perry. (OL-4)

Baca Juga

Dok pribadi

Gus Ipul Berharap Banyak Pengusaha Berinvestasi di Pasuruan

👤Retno Hemawati 🕔Senin 26 Oktober 2020, 22:45 WIB
Ia juga berharap pengusaha asli Pasuruan bisa berkembang lebih besar menjadi pengusaha skala nasional dan bahkan...
ANTARA

Relaksasi Restrukturisasi Membantu Sektor UMKM

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 26 Oktober 2020, 22:05 WIB
Kondisi perekonomian di masa transisi masih belum terlalu bangkit. Karena di sisi mobilitas dan aktivitas masyarakat masih terbatas dan...
Antara

Meningkat, Menhub Sebut Kini Ada 26 Trayek Tol Laut

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 26 Oktober 2020, 21:35 WIB
Sejak diluncurkan pada 2015, program Tol Laut terus mengalami peningkatan dan perkembangan, baik dari segi infrastruktur, trayek atau...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya