Senin 06 April 2020, 16:59 WIB

APD Diproduksi Massal, BNPB Siap Bantu Ekspor

Putri Rosmalia Octaviyani | Humaniora
APD Diproduksi Massal, BNPB Siap Bantu Ekspor

Antara
Alat pelidung diri

 

KEPALA BNPB, Doni Munardo, mengatakan produksi massal alat pelidung diri (APD) tengah dilakukan di Indonesia. Nantinya bila produksi untuk dalam negeri sudah cukup, Indonesia akan bisa mengekspor APD ke negara lain yang juga membutuhkan APD.

“Ada sejumlah usulan yang sedang dalam proses, khususnya soal ventilator, reagen, rapid test, dan banyak perlengkapan media lainnya yang sedang dalam proses pengadaan. Memang tidak mudah bapak pimpinan, karena ternyata hampir semua negara besar saat ini rebutan masker, rebuta APD, rebutan rapid test, rebutan apa saja karena ternyata barang-barang yang selama ini kita pikir negara maju ikut punya, ternyata mereka tidak memiliki,” ujar Kepala BNPB, Doni Munardo, dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, secara virtual, Senin, (6/4).

Hingga hari ini, Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 sudah mendistribusikan APD sebanyak 151.000 APD dari total 170.000 stok APD yang ada per Jumat 27 Maret lalu. Ia mengatakan kelangkaan APD memang bukan lagi masalah lokal melainkan sudah jadi masalah global.

Doni mengatakan, saat ini Indonesia merupakan salah satu negara yang memproduksi APD terbanyak di dunia. Indonesia saat ini juga sudah dapat memproduksi massal APD dengan menggunakan bahan baku lokal.

“Sejumlah tenaga ahli dari gugus tugas, dibantu oleh beberapa penliti dari beberapa Perguruan Tinggi, dari IDI, dan Kemenkes telah berkoordinasi dengan WHO, kita akan bisa produksi APD dengan bahan baku lokal,” ujar Doni.

Dalam waktu dekat diharapkan kebutuhan akan APD di dalam negeri akan dapat dipenuhi secara menyeluruh.

“Apabila ini bisa kita produksi secara massal dan kebutuhan domestik bisa kita penuhi, insyaallah kita bisa mengirimkan APD ini ke beberapa negara yang hari ini sengat membutuhkàn,” ujar Doni. (OL-2)

 

Baca Juga

Dok MI

Buddha Tzu Chi Salurkan 5.000 Ton Beras Bantuan Korona

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 22:43 WIB
Semua sumbangan, kata dia, akan disalurkan melalui Polda di 34 provinsi...
Dok MI

Pemerintah Ingatkan Pemda Soal Target Penanganan Stunting

👤Emir Chairullah 🕔Selasa 24 November 2020, 22:40 WIB
“Jadi bantuan yang diberikan tidak hanya sekedar diterima, tetapi juga harus dikonsumsi (delivered), dan terpenuhi jumlahnya...
AFP/Douglas Magno

Erick Thohir Ungkap Alasan tidak Pilih Pfizer atau Moderna

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 21:50 WIB
Erick meminta publik tidak menilai pemerintah membeli merk vaksin tertentu karena alasan bisnis...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya