Senin 06 April 2020, 16:59 WIB

APD Diproduksi Massal, BNPB Siap Bantu Ekspor

Putri Rosmalia Octaviyani | Humaniora
APD Diproduksi Massal, BNPB Siap Bantu Ekspor

Antara
Alat pelidung diri

 

KEPALA BNPB, Doni Munardo, mengatakan produksi massal alat pelidung diri (APD) tengah dilakukan di Indonesia. Nantinya bila produksi untuk dalam negeri sudah cukup, Indonesia akan bisa mengekspor APD ke negara lain yang juga membutuhkan APD.

“Ada sejumlah usulan yang sedang dalam proses, khususnya soal ventilator, reagen, rapid test, dan banyak perlengkapan media lainnya yang sedang dalam proses pengadaan. Memang tidak mudah bapak pimpinan, karena ternyata hampir semua negara besar saat ini rebutan masker, rebuta APD, rebutan rapid test, rebutan apa saja karena ternyata barang-barang yang selama ini kita pikir negara maju ikut punya, ternyata mereka tidak memiliki,” ujar Kepala BNPB, Doni Munardo, dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, secara virtual, Senin, (6/4).

Hingga hari ini, Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 sudah mendistribusikan APD sebanyak 151.000 APD dari total 170.000 stok APD yang ada per Jumat 27 Maret lalu. Ia mengatakan kelangkaan APD memang bukan lagi masalah lokal melainkan sudah jadi masalah global.

Doni mengatakan, saat ini Indonesia merupakan salah satu negara yang memproduksi APD terbanyak di dunia. Indonesia saat ini juga sudah dapat memproduksi massal APD dengan menggunakan bahan baku lokal.

“Sejumlah tenaga ahli dari gugus tugas, dibantu oleh beberapa penliti dari beberapa Perguruan Tinggi, dari IDI, dan Kemenkes telah berkoordinasi dengan WHO, kita akan bisa produksi APD dengan bahan baku lokal,” ujar Doni.

Dalam waktu dekat diharapkan kebutuhan akan APD di dalam negeri akan dapat dipenuhi secara menyeluruh.

“Apabila ini bisa kita produksi secara massal dan kebutuhan domestik bisa kita penuhi, insyaallah kita bisa mengirimkan APD ini ke beberapa negara yang hari ini sengat membutuhkàn,” ujar Doni. (OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Angket Pembukaan Sekolah, KPAI: Anak Setuju, Orang Tua Khawatir

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 29 Mei 2020, 17:17 WIB
Sebagian besar anak setuju sekolah dibuka karena kemungkinan mereka sudah jenuh belajar dari...
MI/PANCA SYURKANI

Menteri LHK: Pemda Berperan Penting Atasi Perubahan Iklim

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 29 Mei 2020, 17:15 WIB
Target penurunan emisi Indonesia hingga tahun 2030 sebesar 29% dari Bussiness as Usual (BAU) dengan upaya sendiri dan sampai dengan 41%...
MI/RAMDANI

1.403 Pekerja Migran Indonesia Dirawat di Wisma Atlet

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 29 Mei 2020, 17:07 WIB
Sehari sebelumnya pada Kamis (28/5) ada 1.601 yang diinapkan di rumah sakit tersebut. Artinya ada pengurangan 198 pekerja...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya