Senin 06 April 2020, 16:34 WIB

DPR Desak Peta Penyebaran Virus Korona Dibuka ke Publik

Putri Rosmalia Octaviyani | Humaniora
DPR Desak Peta Penyebaran Virus Korona Dibuka ke Publik

ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Peta sebaran pasien korona di jawa timur

 

KOMISI VIII DPR meminta Ketua BNPB, Doni Monardo, untuk merilis peta menyebaran virus korona secara detail, setdaknya pada DPR. Dengan begitu, pengawasan dan dorongan untuk memaksimalkan penyebaran dan penanganan pasien dapat dilakukan dengan lebih maksimal.

Ketua Komisi VIII, Yandri Susanto, mengatakan bahwa keterbukaan mengenai daerah-daerah terpapar korona secara detail sangat dibutuhkan saat ini. Selain untuk upaya pencegahan, distribusi bantuan juga akan bisa lebih tepat sasaran.

“Peta atau zona penyebaran virus korona ini Pak, karena kalau tidak, tidak bisa kita hambat semaksimal mungkin, maka imigrasi covid-19 ini akan mengkhawatirkan sekali. Dan alat-alat yang ataupun kebutuhan untuk mengantisipasi dan mengobati orang-orang yang sudah terpapar akan sudah terpenuhi atau belum,” ujar Yandri, dalam rapat kerja Komisi VIII dengan BNPB, secara virtual, Senin (6/4).

Yandri mengatakan bahwa sampai saat ini sosialisasi akan pentingnya upaya pencegahan korona masih belum dilakukan secara maksimal. Di banyak titik, bahkan di zona merah seperti Jabodetabek, masih banyak masyarakat yang tetap berkegiatan seperti biasa.

Anggota Komisi VIII, Marwan Dasopang, mengatakan bahwa pelibatan masyarakat harus jadi salah satu hal yang dimaksimalkan oleh BNPB dan unitnya di daerah. Salah satunya dengan melibatkan organisasi masyarakat, khususnya organisasi keagamaan.

“Kami tidak dengar ormas dan keagamaan dilibatkan. Kalau bisa dilibatkan degan baik sampai ke desa-desa pasti akan bisa maksimal. Berikan panduan isolasi mandiri panduan teknisnya seperti apa pada mereka,” ujar Marwan.

Ketua BNPB, Doni Munardo, mengatakan bahwa update informasi mengenai korban terus dilakukan oleh BNPB. Informasi mengenai pasien positif terbagi berdasarkan wilayah dan kluster.

Sementara itu, terkait dengan sosialisasi, Doni mengatakan bahwa BNPB telah melakukan upaya pelibatan berbagai kalangan masyarakat untuk ikut sosialisasi pencegahan korona. Termasuk pelibatan organisasi dan tokoh-tokoh masyarakat.

“Tentunya pelibatan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat. Di semua lapisan termasuk ke tingkat paling rendah RT/RW. Masyarakat hari ini akan patuh kepada ketua RT dan ketua RW manakala mau turun tangan,” ujar Doni.(OL-4)

Baca Juga

Dok Kemkominfo

Lebaran Virtual, Menkominfo Ajak Warga Berdamai dengan Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 27 Mei 2020, 10:15 WIB
Johnny menekankan kembali arahan Presiden Joko Widodo untuk menghadapi covid-19 dengan fokus pada aspek medis dan...
ANTARA/Didik Suhartono

Tekan Penyebaran Covid-19, Dua Mobil Lab Dikirim ke Surabaya

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Rabu 27 Mei 2020, 10:11 WIB
Hal tersebut dilakukan seiring dengan angka penyebaran covid-19 yang tinggi di Kota Surabaya mencapai 2.118 kasus positif, pada Selasa...
ANTARA FOTO/Septianda Perdana

Dua Menara Wisma Pademangan untuk Karantina WNI Repatriasi

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Rabu 27 Mei 2020, 09:25 WIB
Sebanyak 1.848 warga diisolasi di Wisma Karantina Pademangan. Sejak dibuka untuk penanganan covid-19, sebanyak 4.175 warga repatriasi dari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya