Senin 06 April 2020, 12:48 WIB

Komisi II DPR Minta Pemerintah Tunda Pemindahan Ibu Kota

Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum
Komisi II DPR Minta Pemerintah Tunda Pemindahan Ibu Kota

ANTARA/Aprillio Akbar
Tugu Monas yang berada di Ibu Kota Negara, Jakarta.

 

ANGGOTA Komisi II DPR Fraksi PAN Guspardi Gaus mengatakan pemerintah harus menunda rencana pemindahan ibu kota negara (IKN). Anggaran pemindahan IKN harus dialokasikan dulu untuk membantu penanganan covid-19.

"Pemerintah memang telah menyetujui pemindahan IKN ke Kalimantan Timur. Namun, melihat pada penyebaran covid 19 yang menjadi ancaman serius di tengah masyarakat, pemindahan IKN hendaknya ditunda dulu,” ujar Guspardi, dalam keterangan pers, Senin (6/4).

Untuk 2020, lanjut Guspardi, total APBN yang telah disepakati adalah Rp2.540 triliun. Dalam komposisi APBN tersebut, anggaran pembangunan infrastruktur mencapai Rp400 triliun, termasuk anggaran pemindahan ibu kota.

Baca juga: Siapkan Skenario Guna Jaga Stok Pangan Nasional

Guspardi meminta pemerintah secepatnya melakukan pengalihan anggaran dari pos-pos APBN ini, terutama dari anggaran infrastruktur, sehingga penyebaran covid-19 yang semakin pesat bisa ditekan.

“Pemerintah dewasa ini harus memfokuskan kepada tindakan extraordinary untuk melakukan pencegahan dan penanganan krisis pandemik covid-19. Fokus kepada penyebab utama covid-19 bukan akibatnya (ancaman krisis ekonomi),” ujar Guspardi.

Guspardi juga berharap kebijakan pemerintah untuk memperluas program perlindungan sosial seperti PKH dan BLT untuk masyarakat miskin dan rentan miskin juga bisa segera direalisasikan.

Namun, yang perlu juga mendapat perhatian adalah para pekerja informal dan UMKM yang jumlahnya mencapai 59 juta jiwa. Ini harus mendapat keberpihakan yang nyata.

"Harus ada insentif fisikal yang layak bagi mereka," ujar Guspardi. (OL-1)

Baca Juga

Ilustrasi

Komite I DPD Tolak PIlkada Serentak 2020, Begini Pertimbangannya

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 02 Juni 2020, 23:48 WIB
Keselamatan rakyat harus jadi perttimbangan penyelenggaraa negara dalam menggelar hajat demokrasi yang melibatkan massa di tengah pandemi...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

ICW Kritik Firli yang Absen Konferensi Pers Penangkapan Nurhadi

👤Antara 🕔Selasa 02 Juni 2020, 22:41 WIB
Berkaca ke belakang, kata dia, Ketua KPK pada periode sebelumnya seringkali hadir dalam konferensi pers yang terkait langsung dengan elit...
MI/Ramdani

Muhammadiyah Ingatkan Presiden Jokowi Perbaiki Komunikasi Politik

👤Nur Azizah 🕔Selasa 02 Juni 2020, 20:53 WIB
Menurut Muti, masukan itu karena pernyataan pembantu presiden yang kerap tidak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya