Senin 06 April 2020, 12:34 WIB

Siapkan Skenario Guna Jaga Stok Pangan Nasional

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Siapkan Skenario Guna Jaga Stok Pangan Nasional

Istomewa/DPR
Anggota Komisi VI DPR RI Lamhot Sinaga

 

MASALAH wabah pandemi Covid-19 ini bukan lagi hanya masalah kesehatan tetapi juga sudah menyangkut sendi-sendi kemanusiaan, termasuk masalah-masalah ekonomi. Untuk itu Anggota Komisi VI DPR RI Lamhot Sinaga mendorong Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk tetap dapat menstabilkan dan menjaga stok pangan nasional agar tidak terjadi keributan.

Hal tersebut disampaikan Lamhot saat Komisi VI DPR RI melangsungkan rapat kerja dengan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto beserta jajarannya secara virtual yang disiarkan secara langsung dari ruang rapat Komisi VI, Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (3/4).

Menurut Lamhot, hal terpenting yang harus dilakukan seorang Menteri Perdagangan saat ini adalah mempertahankan stabiltas yang ada secara rigid, khususnya mengenai stok pangan nasional.

“Saya ingin memberi masukan bahwa Kemendag harus melakukan relokasi anggaran dan relaksasi yang ditujukan kepada upaya penanggulangan Covid-19 dan juga ditujukan untuk penanganan ketersediaan stok pangan nasional untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Daya beli masyarakat juga perlu dipikirkan karena menjadi kata kunci ke depan bagaimana keadaan sosial masyarakat kita,” terangnya.

Politikus Fraksi Partai Golkar ini berharap Kemendag beserta seluruh jajarannya bersiap untuk melakukan antisipasi-antisipasi yang harus dilakukan ke depan, seperti membuat skenario terburuk apabila wabah ini semakin tak terbendung.

Menurut Lamhot, Komisi VI DPR RI akan mendukung penuh segala langkah yang akan dilakukan Menteri Perdagangan dalam upaya membantu Negara memerangi pandemi Covid-19 ini.

“Dari paparan yang tadi, saya melihat persoalan mengenai regulasi dan deregulasi. Saya pikir Komisi VI mendukung semua apa yang akan dilakukan Kementerian Perdagangan. Terkait soal regulasi dan deregulasi DPR RI khususnya Komisi VI tentu akan mem-backup habis Kementerian Perdagangan khususnya yang dilakukan untuk menanggulangi wabah Covid-19,” tegas Lamhot.

Politikus asal Sumatra Utara ini juga menjelaskan bahwa di samping fokus menanggulangi wabah ini, Kemendag juga perlu memikirkan penataan ekosistem ekonomi agar kondisi ekonomi Indonesia tidak semakin terpuruk. Untuk itu, ia meminta Mendag agar dapat pro-aktif meyakinkan masyarakat Indonesia tentang kestabilan harga-harga pangan.

“Pak Menteri harus bicara ke publik, harus bicara meyakinkan masyarakat Indonesia. Nah kalau Pak Menteri mau bicara ke publik, ke seluruh masyarakat Indonesia, saya kira mereka juga bisa ikut tenang. Untuk itu ke depan saya berharap menteri bisa proaktif meyakinkan masyarakat Indonesia tentang kestabilan harga-harga pangan kita agar tidak menjadi masalah sosial di kemudian hari,” tukas Lamhot. (OL-09)

Baca Juga

Ilustrasi

Komite I DPD Tolak PIlkada Serentak 2020, Begini Pertimbangannya

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 02 Juni 2020, 23:48 WIB
Keselamatan rakyat harus jadi perttimbangan penyelenggaraa negara dalam menggelar hajat demokrasi yang melibatkan massa di tengah pandemi...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

ICW Kritik Firli yang Absen Konferensi Pers Penangkapan Nurhadi

👤Antara 🕔Selasa 02 Juni 2020, 22:41 WIB
Berkaca ke belakang, kata dia, Ketua KPK pada periode sebelumnya seringkali hadir dalam konferensi pers yang terkait langsung dengan elit...
MI/Ramdani

Muhammadiyah Ingatkan Presiden Jokowi Perbaiki Komunikasi Politik

👤Nur Azizah 🕔Selasa 02 Juni 2020, 20:53 WIB
Menurut Muti, masukan itu karena pernyataan pembantu presiden yang kerap tidak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya