Senin 06 April 2020, 11:40 WIB

71 PDP di Riau Negatif Covid-19 Dipulangkan ke Rumah

Rudi Kurniawansyah | Nusantara
71 PDP di Riau Negatif Covid-19 Dipulangkan ke Rumah

Ant
Penanganan pasien dalam pengawasan (PDP) dalam simulasi di rumah sakit rujukan Covid-19.

 

INFO terbaru penanganan Covid-19 di Riau seperti yang dilansir di situs corona.riau.go.id, Senin (6/4), disebutkan 71 pasien dalam pengawasan (PDP) negatif korona dan dipulangkan. Sebanyak 87 PDP masih dirawat dan 5 meninggal dunia dengan total seluruh PDP Covid-19 sebanyak 163 orang. Sedangkan pasien postif terdapat penambahan 1 orang sehingga menjadi 11 kasus positif Covid-19 di Riau.

"Informasi per hari Minggu (5/4) di Provinsi Riau terdapat penambahan 1 kasus positif covid-19 sehingga total di Provinsi Riau terdapat 11 kasus positif dengan 10 dirawat dan 1 sudah dipulangkan," kata juru bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Riau, dr Indra Yovi, di Pekanbaru, Minggu (5/4).

Dia menjelaskan, pasien 11 positif covid-19 di Riau adalah pasien HN, 38, yang merupakan warga Kabupaten Kampar dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Kampar. Pasien HN memiliki riwayat perjalanan dari daerah terjangkit, yakni dari Jakarta pada tanggal 14 Maret 2020.

"Dengan penambahan kasus positif ini, Dinas Kesehatan Provinsi Riau langsung melakukan tracing kontak dari pasien HN. Dalam melakukan tracing ini kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar dan Polda Riau," jelasnya.

Terkait dengan informasi yang beredar di masyarakat tentang meninggalnya satu pasien positif covid-19 di Pekanbaru, Yovi menjelaskan bahwa yang meninggal tersebut bukan pasien positif covid-19, melainkan PDP yang masih menunggu hasil uji swab dari Balitbangkes.

"Kami meminta kepada masyarakat untuk mengikuti protokol penanganan jenazah covid-19 demi kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitarnya. Siapapun yang berada dalam satu ruangan dengan jenazah PDP covid-19 tersebut otomatis berstatus ODP dan diharuskan melakukan isolasi mandiri dengan memerhatikan kondisi kesehatannya. Apabila terdapat gejala, diharuskan untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan," jelas Yovi.

Sementara total jumlah ODP di Riau sampai pukul 10.20 WIB, Senin (6/4), tercatat sebanyak 23.511 orang dengan sebanyak 19.663 masih dalam proses pemantauan, dan 3.848 ODP selesai proses pemantauan. Banyak jumlah ODP di Riau terkait arus kepulangan TKI dari Malaysia dan masyarakat Riau yang sedang bersekolah di sejumlah zona merah di Jawa.(OL-13)

Baca Juga: Proses Pilwagub Dimulai, Ketua DPRD yang Pertama Mencoblos

Baca Juga: Sri Lanka Perpanjang Masa Karantina Jadi Empat Pekan

Baca Juga

ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho

Pasien Positif Covid-19 di Klaten 22 Orang, 15 Sembuh

👤Djoko Sardjono 🕔Senin 25 Mei 2020, 09:25 WIB
Pasien dalam pengawasan (PDP) yang saat ini diisolasi di rumah sakit berjumlah 10 orang. Kemudian, orang dengan status dalam pemantauan...
Dok MI

Aniaya Pria dengan Gangguan Jiwa, Dua Polisi Diproses Hukum

👤Cindy Ang 🕔Senin 25 Mei 2020, 09:00 WIB
Aksi penganiayaan tersebut bermula saat kedua polisi itu tengah melaksanakan tugas di Desa Bagok Sa untuk mengimbau masyarakat terkait...
MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE

Warga Dusun Blang Gelar Open House di Musala Desa

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Senin 25 Mei 2020, 08:30 WIB
Open house tersebut sebagai media bersilaturahmi antarsesama warga Dusun Blang yang berjumlah sekitar 25 keluarga atau sekitar 120...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya