Minggu 05 April 2020, 22:54 WIB

IDI Catat Total 24 Dokter Meninggal Terkait Covid-19

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
IDI Catat Total 24 Dokter Meninggal Terkait Covid-19

MI/Ramdani
Petugas medis melakukan foto dengan memegang tulisan "Kami Tetap Bekerja Untuk Kalian, Kalian Tetap di Rumah Untuk Kami".

 

JUMLAH pasien yang dinyatakan positif terinfeksi virus korona (Covid-19) di Tanah Air semakin bertambah. Sampai hari ini terdapat 2.273 orang positif Covid-19, 164 orang dinyatakan sembuh, dan 198 orang meninggal dunia.

Di antara para korban yang meninggal akibat Covid-19, terdapat tenaga medis yang telah berjuang di garda depan untuk merawat para pasien. Berdasarkan data dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) total terdapat 24 dokter yang meninggal terkait Covid-19.

“Sejauh ini sejawat yang meninggal ada 24 dokter dan dokter gigi. Itu yang terkonfirmasi terkait Covid-19,” kata Humas IDI Halik Malik saat dihubungi Media Indonesia, Minggu (5/4).

Halik mengungkapkan, dari informasi yang diterima PB IDI, setidaknya ada 18 dokter yang dilaporkan meninggal karena positif Covid-19 dan PDP Covid-19.

 

Sedangkan enam lainnya merupakan dokter gigi berdasarkan laporan Persatuan Dokter Gigi Indonesia.

“Mayoritas dokter yang meninggal masih aktif praktek dan melayani pasien,” imbuhnya.

Halik mengatakan, IDI bisa saja mengumpulkan data terkait faktor risiko dan penyebab dokter dan tenaga medis yang meninggal, tugas utamanya, menangani pasien Covid-19 langsung atau tidak langsung, perkiraan waktu terpapar, lokasi terpapar, hingga faktor penyebabnya. Namun hal ini sulit dilakukan jika tidak ada data awal dari pihak yang berwenang siapa saja tenaga medis yang terpapar, baik yang positif Covid-19 maupun yang PDP.

“Jika pemerintah bisa berikan datanya, bersama tim ahli bisa dilakukan analisa mendalam untuk strategi pencegahannya. Saat ini langkah-langkah antisipatif sudah dilakukan dengan berbagai imbauan dan pelatihan penanganan Covid-19 kepada sejawat dokter,” Pungkasnya. (OL-2)

Catatan Redaksi: Terkait kode etik jurnalistik dalam peliputan covid-19 yang diterbitkan oleh Dewan Pers, identitas pasien kami hapus sebagai bagian menjaga privasi.

 

Baca Juga

MI/Rendy Ferdiansyah

Pemprov Babel Batalkan Uji Coba New Normal KBM di Sekolah

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Selasa 02 Juni 2020, 14:30 WIB
GUBERNUR Provinsi Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman Djohan akhirnya mencabut kebijakan uji coba Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) satu...
Ist

Masker Menjadi Nyaman Dengan Plossa Eucalyptus

👤Gana Buana 🕔Selasa 02 Juni 2020, 14:24 WIB
Kandungan essential oil wucalyptus dengan bahan aktif cineol 1.8 yang mampu membunuh virus yang menempel pada...
ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko

BPPT: 100 Ribu PCR Sudah Didistribusikan

👤Aikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 02 Juni 2020, 14:17 WIB
PCR sudah produksi 100.000 kit. Menuju 2 juta unit di akhir...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya