Minggu 05 April 2020, 22:04 WIB

Erick Petakan Langkah Strategis BUMN Jaga Perekonomian

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Erick Petakan Langkah Strategis BUMN Jaga Perekonomian

Antara
Menteri BUMN Erick Thohir

 

MENTERI BUMN Erick Thohir berkomitmen menjaga daya tahan BUMN dalam menghadapi dampak ekonomi dari adanya covid-19. Menurutnya, pandemi covid-19 ini bukan hanya berdampak pada ekonomi tapi juga akan berimbas pada kinerja perusahaan-perusahaan pelat merah.

Erick menyampaikan bahwa pihaknya sudah mulai melakukan finalisasi pemetaan portofolio bisnis seluruh BUMN dan anak-cucu usaha BUMN. Langkah awal yang akan dilakikan ialah merampingkan 51 anak-cucu usaha dari Pertamina, Telkom, dan Garuda Indonesia.

Erick menegaskan bahwa dia akan meneruskan perampingan dengan tetap memerhatikan para karyawan yang bekerja di dalamnya.

"Kita memastikan harus juga bagaimana pekerja diutamakan, digabungkan usaha lain, diprioritaskam efisiensi dan memperkuat cashflow," ungkap Erick dilansir dari keterangan resmi, Minggu (5/4).

Lebih lanjut, menurut Erick Kementerian BUMN telah melakukan pemetaan BUMN berdasarkan portofolio bisnis. Pemetaan ini pun dilakukan berdasarkan paramater nilai ekonomi layanan publik.

"Pemetaan ini akan menentukan langkah dan strategi bagi Kementerian BUMN untuk memutuskan langkah mempertahankan, mentransformasikan, mengkonsolidasikan, divestasi atau pelepasan perusahaan," lanjutnya.

Erick berharap pemetaaan dan sejumlah langkah efisiensi yang dilakukan BUMN mampu mengantisipasi dampak perekonomian Indonesia akibat pandemi covid-19. Erick menilai sejumlah negara, termasuk Indonesia tentu memiliki tantangan berat dalam sektor ekonomi lantaran pandemi covid-19.

"Ada potensi risiko vesar dan sangat berat. Tapi pemerintah tak akan tinggal diam dan terus berusaha menjaga perekonomian bangsa," pungkas Erick.

Dia juga menyampaikan Presiden Joko Widodo telah mengambil inisiatif dengan menerbitkan sejumlah aturan dalam menjaga perekonomian nasional di tengah pandemi covid-19. Selain itu, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo juga menegaskan pihaknya akan berupaya keras untuk menjaga pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat serta langkah-langkah ini mendapatkan apresiasi dari Managing Director IMF. (Des)

 

Baca Juga

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian/Tim Riset MI-NRC

89 Proyek Penggerak Ekonomi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 05:24 WIB
Selama 2020-2024, proyek strategis nasional ditargetkan bisa menyerap 4 juta tenaga kerja setiap...
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/wsj.

Sensus Penduduk Daring Berakhir

👤(Mir/E-3) 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 04:30 WIB
BADAN Pusat Statistik (BPS) menutup sensus penduduk daring tadi malam pukul 23.59 WIB. Hingga kemarin siang, sensus yang dimulai sejak 15...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

Pasar Optimistis Prospek Ekonomi ke Depan

👤HILDA JULAIKA 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 04:20 WIB
RENCANA pembukaan kembali sejumlah aktivitas perekonomian dan terjaganya stabilitas sistem keuangan Indonesia menimbulkan optimisme...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya