Minggu 05 April 2020, 19:14 WIB

Kondisi Perbankan Masih Baik

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Kondisi Perbankan Masih Baik

MI/USMAN ISKANDAR
Seorang petugas menata tumpukan uang kertas di ruang Cash Center BNI di Gedung BNI di Jakarta.

 

KEPALA Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Heru Kristiyana, menuturkan kondisi perbankan hingga saat ini masih cukup baik meski pandemi covid-19 perlahan memukul berbagai sektor perekonomian.

"Kondisi perbankan sampai sekarang permodalan bank masih bagus 22,24%, likuiditas BUKU III dan BUKU IV itu rasionya masih di atas 200%," jelas Heru melalui video conference, Minggu (5/4).

"BUKU I dan II angkanya masih di atas 100%. Jadi sampai saat ini masih OK. NPL Gross juga masih 2,72% dan netnya 1%," tambah Heru.

Pun demikian Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso, menegaskan meski kondisi perbankan saat ini masiu cukup baik bukan berarti otoritas tidak perlu mengambil langkah pencegahan.

Pasalnya, berbagai sektor usaha yang terikat dengan perbankan mulai terdampak dan melambat karena pandemi covid-19. Oleh karenanya otoritas mengeluarkan berbagai kebijakan untuk sektor jasa keuangan utamanya perbankan agar tetap bisa bertahan di tengah pelambatan akibat serangan virus tersebut.

Salah satu aturan yang meringankan perbankan ialah tingkat kolektabilitas yang semula 3 pilar diubah menjadi 1 pilar. "Kalau tidak ada aturan OJK ya otomatis jadi berat bagi perbankan," tutur Wimboh.

Lebih lanjut, ia tidak ingin terjebak pada proyeksi pertumbuhan kredit ataupun kinerja perbankan. Pasalnya, yang terpenting saat ini ialah mendukung dan menyelaraskan upaya pemerintah dalam menangani covid-19. (E-3)

Baca Juga

DOK KEMENTAN

Kebijakan New Normal Dongkrak Kesejahteraan Petani Kembali

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Juni 2020, 16:25 WIB
Faktor yang memengaruhi petani yakni harga produk pertanian mengalami tekanan diakibatkan oleh panen raya musim tanam...
DOK KEMENTAN

Di Masa Pandemi, Produksi dan Distribusi Pertanian Aman

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Juni 2020, 16:18 WIB
Diperkirakan stok beras akhir Juni 2020 adalah 6,84 juta...
DOK KEMENTAN

Program Kementan Dinilai Efektif, Ekspor Pertanian Terus Tumbuh

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Juni 2020, 16:03 WIB
Terjadinya ekspor karena produksi pangan surplus sehingga tidak hanya memenuhi kebutuhan dalam negeri, namun juga pangan petani Indonesia...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya