Minggu 05 April 2020, 12:48 WIB

Gugus Tugas Covid-19 Babel Larang Semprot Disinfektan ke Tubuh

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Gugus Tugas Covid-19 Babel Larang Semprot Disinfektan ke Tubuh

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.
Bilik disinfektan.

 

Gugus Tugas Penanganan Pencegahan Covid-19 Provinsi Bangka Belitung (Babel) mengeluarkan srat edaran ke seluruh kabupaten/kota untuk tidak melakukan menyemprotkan cairan disinfektan langsung ke tubuh.

"Kita sudah menerima surat dari Kemenkes dan sudah kita tindak lanjuti baik itu kepada tim dilapangan maupun kabupaten/kota di Babel," kata Ketua Sekretariat Pusat Komando Pengendalian dan Operasional Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Bangka Belitung (Babel) Mikron Antariksa, Minggu (5/4).

Sebelumnya memang, diakui Mikron, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di tempat-tempat keramaian, pelabuhan, dan bandara menggunakan bilik dengan cair disinfektan.

Baca Juga: Cegah Covid-19, Tamu Istana Wajib Lewat Bilik Disinfektan

"Cara penyemprotan disinfektan ke tubuh ini menurut kemenkes berbahaya dan keliru karena akan menyebabkan iritasi pada kulit," ujarnya.

Untuk itu, pihaknya sudah melarang penyemprotan dengan disinfektan langsung ke tubuh karena berbahaya bisa iritasi. Tetapi disinfektan bisa digunakan untuk penyemprotan benda-benda seperti gagang pintu dan sebagainya. "Kalau untuk benda bisa pakai disinfektan, tapi kalau langsung ke tubuh tidak boleh," terangnya.

Pihaknya pun, lanjut Mikron, sudah meminta tim di lapangan dan kabupaten/kota untuk menggantikan cair disinfektan dengan cair lain seperti dettol.

"Mulai saat ini, di bilik penyemprotan cairan kita ganti dengan cairan sejenis dettol, agar tidak berbahaya dan iritasi pada kulit," ungkap dia.(RF/OL-10)

Baca Juga

MI/MOAT ANGGA

Sikka Bangun 14 Ruang Isolasi Termasuk untuk Bayi Positif Korona

👤Gabriel Langga 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 13:15 WIB
Untuk mengantisipasi membludaknya pasien, sambung dia, Pemkab Sikka tengah membangun 14 ruangan isolasi di 14 puskesmas rekanan yang...
Mi/Martinus Solo

Tim Gabungan Gelar Patroli Malam di Laut Sorong

👤Martinus Solo 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 13:00 WIB
Patroli dilakukan guna mengantisipasi kemungkinan penyebaran pandemi covid-19 di Kota Sorong melalui laut oleh nelayan dan masyarakat yang...
MI/Djoko Sardjono

Terdampak Covid-19, Pekerja di Objek Wisata Klaten Dapat Bantuan

👤Djoko Sardjono 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 12:15 WIB
Para pekerja di lingkungan objek wisata yang terkena dampak pandemi Covid-19, seperti tukang parkir, pedagang, satpam, dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya