Sabtu 04 April 2020, 19:23 WIB

Gas Hidrogen Disebut Bermanfaat untuk Bantu Pasien Covid-19

Wisnu AS | Humaniora
Gas Hidrogen Disebut Bermanfaat untuk Bantu Pasien Covid-19

Istimewa
Inhalasi gas hidrogen dapat dipertimbangkan untuk merawat pasien covid-19.

 

GAS hidrogen memiliki fungsi mengurangi radikal bebas dan meningkatkan pelepasan sitokin atau protein kecil yang berfungsi dalam sistem imun.

Becermin dari fungsi tersebut, beberapa peneliti dunia tengah memperbincangkan inhalasi gas hidrogen untuk dipakai dalam merawat pasien virus korona jenis baru (covid-19). 

Medical trainer dr. Elvin Gultom membenarkan bahwa gas hidrogen memiliki fungsi mengurangi radikal bebas dan meningkatkan pelepasan sitokin. Sitokin, kata Elvin, juga memodulasi keseimbangan respons imun humoral dan respons imun selular. 

"Selain berperan penting dalam sistem imun, sitokin juga berperan untuk mengatasi peradangan, infeksi, kanker, dan sepsis,” ujar dokter yang juga kerap jadi pembicara di seminar gaya hidup dalam keterangan pers yang diterima Sabtu (4/4/2020).

Ia menambahkan, fokus penggunaan inhalasi hidrogen pada penanganan pasien terinfeksi virus ialah sebagai antioksidan dan membantu pelepasan sitokin yang akan membantu meningkatkan sistem imun, serta menjaga keseimbangan antara imun humoral dan selular sehingga daya tahan tubuh lebih maksimal.

Sementara itu, Co-Founder LiveWell Global, perusahaan network marketing di bidang alat bantu kesehatan dan kecantikan, Leonardo Wiesan mengatakan di Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, dan negara-negara maju, air dan inhalasi hidrogen sudah menjadi kebutuhan sehari-hari untuk menjaga kesehatan.

"Hidrogen sudah banyak diuji dapat membantu penyembuhan penyakit, mengusir radikal bebas dan membantu jaga daya tahan tubuh," kata dia.

LiveWell Global sebagai pelopor generator air dan inhalasi hidrogen di Indonesia sejak 2016 mendistribusikan Hydro-gen Fontaine PEM & Inhaler, produk yang dibuat di Korea Selatan.
 
“Banyak konsumen yang merasakan manfaat air dan inhalasi hidrogen dari Hydro-Gen Fontaine PEM & Inhaler. Permintaan kepada kami terus meningkat, terutama saat pandemi covid-19 ini," kata Leonardo. (RO/A-3)

Baca Juga

ANTARA

Update Covid-19: Pasien Positif Covid-19 27.549, Sembuh 7.935

👤Nur Azizah 🕔Selasa 02 Juni 2020, 16:10 WIB
Adapun jumlah kasus positif secara keseluruhan bertambah 609 orang. Penambahan kasus ini berdasarkan pemeriksaan dengan metode polymerase...
AFP

Muhammadiyah Nilai Pembatalan Haji 2020 Langkah Tepat

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 02 Juni 2020, 16:05 WIB
Keputusan tersebut secara undang-undang juga tidak melanggar. Pasalnya, dengan belum adanya keputusan Pemerintah Arab Saudi mengenai...
Antara/Hani Sofia

Ibadah Haji Ditiadakan, Pemerintah Harus Kembalikan Uang Jamaah

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 02 Juni 2020, 15:35 WIB
Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Selly Andriany Gantina meminta kepada pemerintah untuk mengembalikan uang haji warga yang gagal...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya