Sabtu 04 April 2020, 17:30 WIB

Ini Cara Pemulasaraan Jenazah Covid-19 Menurut Fatwa MUI

Atalya Puspa | Humaniora
Ini Cara Pemulasaraan Jenazah Covid-19 Menurut Fatwa MUI

Antara/Fauzan
Pekerja membuat peti mati khusus yang dilapisi alumunium foil untuk jemazah pasien Covid-19

 

SEKRETARIS Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam Sholeh menjelaskan MUI telah mengeluarkan fatwa terkait proses pemulasaraan jenazah pasien Covid-19.

Asorun menegaskan, dalam pemulasaraan jenazah pasien Covid-19, masyarakat hendaknya memerhatikan aspek agama dan memastikan pemulasaraan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan.

Baca juga: Per 4 April, 519 Pasien Covid-19 Dirawat di RSD Wisma Atlet

"Proses memandikan, dianjurkan pengucuran air ke seluruh tubuh. Tapi jika tidak dimungkinkan, maka ditayamumkan. Tapi kalau tidak dimungkinkan maka bisa langsung dikafankan," kata Asrorun dalam telekonferensi di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (4/4).

Proses pengafanan juga demikian. Proses pengafanan harus didahului dengan melapisi jenazah menggunakan plastik, lalu kafan, lalu dilapisi lagi dengan plastik.

"Setelah jenazah dikafani, lalu dimasukkan ke dalam peti jenazah yang aman dan tidak tembus air untuk mencegah penyebaran virus dan keselamatan petugas," tutur Asrorun.

Selanjutnya, salat jenazah bisa dilakukan di tempat yang suci dan dilakukan oleh minimal satu orang muslim. Jika tidak dimungkinkan, maka salat jenazah dapat diganti dengan salat ghaib yang dilakukan di rumah.

"Hal-hal ini bagian dari hak jenazah yang harus kita lakukan. Semua bisa dilakukan sesuai protokol kesehatan. Jangan sampai akibat kekhawatiran minus pengetahuan malah kemudian kita berdosa," tandasnya. (OL-6)

Baca Juga

Dok Kemkominfo

Lebaran Virtual, Menkominfo Ajak Warga Berdamai dengan Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 27 Mei 2020, 10:15 WIB
Johnny menekankan kembali arahan Presiden Joko Widodo untuk menghadapi covid-19 dengan fokus pada aspek medis dan...
ANTARA/Didik Suhartono

Tekan Penyebaran Covid-19, Dua Mobil Lab Dikirim ke Surabaya

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Rabu 27 Mei 2020, 10:11 WIB
Hal tersebut dilakukan seiring dengan angka penyebaran covid-19 yang tinggi di Kota Surabaya mencapai 2.118 kasus positif, pada Selasa...
ANTARA FOTO/Septianda Perdana

Dua Menara Wisma Pademangan untuk Karantina WNI Repatriasi

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Rabu 27 Mei 2020, 09:25 WIB
Sebanyak 1.848 warga diisolasi di Wisma Karantina Pademangan. Sejak dibuka untuk penanganan covid-19, sebanyak 4.175 warga repatriasi dari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya