Sabtu 04 April 2020, 11:13 WIB

Panlih Meniadakan Tayangan Langsung Pemilihan Wagub DKI

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Panlih Meniadakan Tayangan Langsung Pemilihan Wagub DKI

ANTARA
Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (kiri) dan Nurmansjah Lubis.

 

PANITIA pemilihan (panlih) wakil gubernur DPRD DKI Jakarta meniadakan tayangan langsung atau live pemilihan wakil gubernur yang diadakan pada Senin (6/4) mendatang. Publik baru bisa mengetahui setelah agenda tersebut selesai.

"Sifatnya tertutup. Ini protapnya memang begitu. Nanti hasil tappingnya baru kita berikan, ada di kanal DPRD," ujar Farazandi di Jakarta, Sabtu (4/4).

Baca juga: Paparan Visi dan Misi Cawagub ala Disertasi

Awak media pun juga dilarang meliput langsung pemilihan wagub tersebut. Menurut Farazandi hal itu atas kesepakatan panlih dan pimpinan DPRD.

"Kami mengikuti anjuran protap. Dari awal memang enggak bisa diliput. Protapnya dari Ketua DPRD (Prasetyo Edi) juga. Kemarin kita sudah berdiskusi dengan ketua. Ini sudah jadi aturan kita untuk menyelenggarakan itu," jelas Farazandi.

Peserta yang hadir, katanya, juga dibatasi dengan maksimal 130 orang. Hal ini untuk mengurangi interaksi antaranggota dewan saat rapat paripurna pemilihan wagub berlangsung.

Farazandi juga menuturkan, panlih memberlakukan pencegahan protokol Covid-19 kepada peserta yang akan masuk keruangan paripurna DPRD. Hal ini sesuai anjuran dari Dinas Kesehatan DKI.

"Meja-meja di ruangan juga ada jarak, social distancing. Yang hadir terbatas, paling Pak Gubernur (Anies Baswedan), dua cawagub dan pimpinan dewan," ujar Farazandi.

Ia menambahkan, anggota dewan lainnya yang hadir bakal bergiliran masuk keruangan paripurna untuk memberikan suaranya. 106 anggota dewan bakal memutuskan memilih salah satu calon wagub, yakni antara Ahmad Riza Patria atau Nurmansjah Lubis.

Baca juga: Anggaran Formula E untuk Tangani Covid-19

"Anggota dewan akan transit di ruangan steril dulu. Jadi, nanti ganti-gantian milihnya," kata Farazandi.

Ia juga mengungkapkan, dalam voting pemilihan wagub bisa dimulai jika anggota dewan yang hadir 50 persen +1 atau 54 orang. (OL-6)

Baca Juga

Antata

165.922 Warga DKI Jalani Rapid Tes, Bagaimana Hasilnya?

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 07 Juni 2020, 16:48 WIB
Sasaran rapid test ditujukan kepada lansia, warga dengan kasus penyakit tertentu, dan ibu...
Ilustrasi

Sekda Depok akan Mundur dari Jabatan

👤Kisar Rajaguguk 🕔Minggu 07 Juni 2020, 16:10 WIB
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Hardiono akan mengundurkan diri sebagai aparatur negara, karena akan mempersiapkan diri mau dalam...
Medcom

Hari ini, Positif Covid-19 di DKI Tambah 160 Kasus

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 07 Juni 2020, 15:50 WIB
Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Ani Ruspitawati menuturkan, jumlah kasus positif covid-19 di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya