Sabtu 04 April 2020, 10:29 WIB

Kasus Kematian Korban Covid-19 di Prancis Melonjak

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Kasus Kematian Korban Covid-19 di Prancis Melonjak

AFP/GEOFFROY VAN DER HASSELT
Sejumlah rumah sakit lapangan untuk penanganan pasien terjangkit Covid-19 dibangun di Bandara Orly, selatan Paris.

 

RUMAH sakit-rumah sakit di Prancis mencatat angka kematian tertinggi dalam 24 jam dengan 588 orang meninggal baru akibat virus korona, kata Kepala Penasehat Medis Prancis dalam konferensi pers, Jumat (3/4). Jumlah itu termasuk penghuni rumah jompo. Total jumlah kematian bisa lebih dari 6.500 orang. Direktur Jenderal Kesehatan Prancis, Jérôme Salomon, mengumumkan total 5.091 orang meninggal di rumah sakit Prancis sejak awal krisis. Sedangkan untuk panti jompo, Salomon mengatakan jumlah sementara menunjukkan setidaknya 1.416 orang telah meninggal di rumah perawatan untuk orang tua setelah tertular virus. 
 
Peningkatan besar membuat total 6.507 nyawa yang hilang akibat covid-19 di Prancis, sejauh ini. Salomon mengatakan jumlah infeksi yang diketahui naik secara nasional menjadi 64.338 dari 59.105 kasus pada Kamis (3/4). Jumlah pasien yang membutuhkan bantuan jiwa meningkat menjadi 6.662 dari 6.399 orang. Dalam wawancara yang disiarkan televisi pada Kamis malam, Perdana Menteri Édouard Philippe mendesak warga Prancis untuk menghormati langkah-langkah penguncian wilayah (lockdown) yang diberlakukan sejak 17 Maret, untuk menekan level kasus baru.

"Ini adalah satu-satunya cara bagi layanan kesehatan untuk mengatasi puncak virus," ujarnya.

baca juga: Gelombang Solidaritas Meningkat di Prancis

Philippe mengakui lockdown nasional mungkin akan diperpanjang hingga melewati 15 April. Dengan semakin dekatnya liburan musim semi, Philippe dengan tegas memperingatkan orang-orang Prancis agar tidak berlibur. Warga Prancis yang terbukti berlibur keluar rumah akan diperiksa dan membayar denda. (France24/OL-3)

Baca Juga

AFP

Kepala Polisi Minneapolis Minta Maaf kepada Keluarga George Floyd

👤Astri Novaria 🕔Jumat 29 Mei 2020, 16:41 WIB
Kepala Kepolisian Medaria Arradondo mengatakan departemennya telah ikut menyebabkan "harapan memudar" di kota Negara Bagian...
AFP

DPR AS Minta Keterlibatan Polisi pada Kasus Kematian Floyd Diusut

👤Astri Novaria 🕔Jumat 29 Mei 2020, 16:15 WIB
Kematian Floyd, Arbery dan juga Taylor menyita perhatian nasional dan pendukung hak sipil yang mengatakan mereka menjadi insiden yang...
Facebook Mahathir bin Mohamad, @TunDrMahathir,

Dipecat Partai Bersatu, Mahathir Mohammad Melawan

👤Fajar Nugraha 🕔Jumat 29 Mei 2020, 16:11 WIB
"Saya sekarang berada di kantor pusat Partai Bersatu, dan katanya saya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya