Sabtu 04 April 2020, 06:04 WIB

KBVB Bela Keputusan Rampungkan Prematur Liga Pro Belgia

Antara | Sepak Bola
KBVB Bela Keputusan Rampungkan Prematur Liga Pro Belgia

AFP/Oli SCARFF
Klub Sepak Bola Brugge menjadi juara Liga Pro Belgia tahun ini kendati laga itu dihentikan secara prematur karena wabah Covid-19.

 

FEDERASI sepak bola Belgia, KBVB, membela keputusan operator Liga Pro Belgia merampungkan secara prematur kompetisi musim 2019/20 dengan menyebutnya sebagai langkah yang didasarkan pada kepentingan kesehatan masyarakat dan ekonomi.
  
"Baik KBVB maupun Liga Pro Belgia mendukung penuh solidaritas sepak bola Eropa," demikian pernyataan resmi KBVB Jumat (3/4) malam.
  
"Solidaritas itu pula yang mendasari perwakilan kami membela kebijakan yang ditempuh untuk mengatasi situasi ini sembari memperhatikan konteks spesifik masing-masing liga," bunyi pernyataan yang sama.
  
Liga Pro Belgia musim 2019/20 yang fase regulernya tinggal menyisakan satu pekan pertandingan diputuskan rampung dan Club Brugge dinobatkan sebagai juara. Idealnya, selepas fase reguler enam tim teratas di klasemen akan memasuki babak playoff untuk menentukan juara. Serta mereka yang berhak memperoleh tiket ke kompetisi Eropa.
  
Sementara Brugge sudah ditentukan menjadi juara, KBVB dan Liga Pro Belgia masih akan melakukan pertemuan untuk merancang format penentuan jatah tiket ke Eropa serta promosi-degradasi. Keputusan merampungkan musim berjalan secara prematur bertentangan dengan imbauan dari UEFA yang menyerukan agar kompetisi domestik diselesaikan di atas lapangan, ketimbang berdasar kesepakatan-kesepakatan di atas meja ataupun di hadapan layar gawai.

baca juga: FIFPro Ingatkan Banyak Pemain Bola Tidak Layak Gajinya Dipotong
  
Bukan tidak mungkin keputusan Liga Pro Belgia dirampungkan prematur bakal berdampak pada pelarangan klub-klub negara itu berpartisipasi di kompetisi Eropa musim depan. Mayoritas klub Belgia memang telah menyerukan musim berjalan tak dilanjutkan lantaran dampak ekonomi pandemi virus corona membuat merekaterjepit tanpa pemasukan praktis selama hampir satu bulan. (OL-3)
 

Baca Juga

AFP/PETER POWELL

Klopp Akui Liverpool Layak Kalah dari Atalanta

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 26 November 2020, 07:49 WIB
Kekalahan tersebut adalah yang terburuk bagi Klopp di Anfield sebagai pelatih The...
AFP/Anthony HARVEY

Lineker Sebut Maradona Pemain Terbaik Sepanjang Masa

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 26 November 2020, 07:40 WIB
Lineker merupakan bagian dari tim Inggris yang dikalahkan Argentina di Piala Dunia 1986. Dia mencetak gol di laga yang berakhir 2-1 untuk...
 CARLO HERMANN / AFP

Napoli Akan Tambahkan Nama Diego Maradona di Stadion San Paolo

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 November 2020, 07:25 WIB
Presiden klub Napoli, Aurelio De Laurentiis mempertimbangkan untuk menggunakan nama Diego Maradona sebagai nama stadion mereka demi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya