Jumat 03 April 2020, 23:15 WIB

Gedung Karantina Babel punya Tim Medis Khusus Covid-19

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Gedung Karantina Babel punya Tim Medis Khusus Covid-19

MI/Susanto
Petugas medis mengambil sampel darah saat melakukan rapid test di gedung Nusantara III DPR, Senayan

 

Pemerintah provinsi kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyiapkan tim dokter untuk menangani orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) yang ditempatkan di gedung karantina di luar rumah sakit.

"Kami sudah persiapkan 12 tim dokter dengan 34 perawat untuk disiagakan di gedung yang kita jadikan karantina di luar rumah sakit," kata Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Babel, Mulyono Susanto, Jumat (3/4).

Selain petugas medis, lanjut Mulyono, tim juga sudah mempersiapkan petugas laundry dan petugas katering dan berbagai hal lainnya yang dibutuhkan.

Baca juga: Gubernur Babel Anggarkan Bantuan Sembako Bagi ODP/PDP Covid-19

Pasien yang diinapkan di ruang karantina ini, kata Mulyono, adalah ODP. "Bisa dari pendatang yang masuk ke Babel termasuk yang terjaring petugas masih berkeliaran di luar rumah," sambungnya.

Menurut Mulyono, PDP ringan yang tanpa gejala, juga ditempatkan di gedung karantina. "Kita pantau kondisinya," ujar Mulyono.

Jadi, lanjut Mulyono, gedung karantina diharapkan bisa dimanfaatkan untuk melakukan karantina terhadap ODP dan PDP, sehingga tidak berkeliaran. "Agar tidak berpotensi menularkan virus covid-19, meskipun belum diketahui positif atau negatif. Jadi, kondisi kesehatan mereka dapat dipantau," tandasnya. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Selain Risma. Khofifah Juga Telepon Doni Monardo soal Mobil Lab

👤Henri Siagian 🕔Jumat 29 Mei 2020, 23:43 WIB
"Kami mengirim surat permohonan dukungan percepatan penegakan diagnosis covid-19. Di dalam surat, kami mengajukan permohonan 15 unit...
Antara

Mobil Lab Dipakai di Daerah Lain, Risma Mengadu ke Doni Monardo

👤Henri Siagian 🕔Jumat 29 Mei 2020, 23:22 WIB
Awalnya, kata dia, mobil itu digunakan untuk pasien di Asrama Haji dan Dupak Masigit. Mobil laboratorium yang mestinya di Asrama Haji pada...
Antara

Amankan Pasokan Beras, Percepat Musim Tanam Kedua

👤Palce Amalo 🕔Jumat 29 Mei 2020, 21:55 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan pihaknya melakukan gerakan percepatan tanam padi di lahan seluas 5,6 juta hektare...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya