Jumat 03 April 2020, 19:16 WIB

Pemugaran RTLH di Mataram Terancam Ditunda karena Covid-19

Antara | Nusantara
Pemugaran RTLH di Mataram Terancam Ditunda karena Covid-19

Antara
Ilustrasi: salah satu titik kawasan rumah tidak layak huni (RTLH) di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

 

DINAS Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyebutkan, pelaksanaan kegiatan pemugaran rumah tidak layak huni (RTLH) tahun 2020, terancam ditunda karena adanya bencana non-alam Corona Virus Disease (COVID-19).

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Mataram HM Kemal Islam di Mataram, Jumat, mengatakan, pemerintah telah mengurangi kuota dari 800 unit rumah sudah disetujui dipugar tahun ini, menjadi 450 unit, karena kekurangan anggaran.

"Sebanyak 450 unit tersebut terbagi menjadi dua yakni 140 unit akan ditangani melalui DAK yang sudah masuk dalam APBD Mataram, dan 310 dititip di Pemerintah Provinsi NTB," katanya.

Namun karena kondisi saat ini yang berbeda, alokasi anggaran sekitar Rp2,4 miliar untuk 140 unit RTLH tersebut sudah ditarik pemerintah pusat, sehingga tidak bisa ditindaklanjuti.

Sedangkan, untuk kuota 310 unit dengan alokasi anggaran sama yakni Rp17,5 juta per satu unit, yang dititip di Provinsi NTB, dilakukan penawaran kepada kabupaten/kota.

Penawaran itu dimaksudkan apakah pemerintah kabupaten/kota berani melaksanakan kegiatan tersebut atau tidak. Mengingat, tahapan-tahapan yang dilakukan untuk RTLH, sangat berkaitan erat dengan pencegahan Covid-19.

Misalnya, tahapan yang dilaksanakan antara lain, kegiatan sosialisasi mengumpulkan orang banyak, pembentukan pokmas, dan pembukaan rekening di bank. (OL-12)

Baca Juga

Antara

Gudang Gas Elpiji Terbakar Telan Lima Korban Jiwa di Kota Siantar

👤Puji Santoso 🕔Minggu 27 September 2020, 15:00 WIB
LIMA orang menjadi korban jiwa setelah sebuah gudang penyimpanan tabung gas elpiji di Jalan Panyambungan, Kecamata Siantar Barat, Kota...
MI/Arnoldus Ndae

Garda Pemuda NasDem harus Mampu Dukung Perubahan

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 27 September 2020, 14:50 WIB
GARDA Pemuda Partai NasDem dibentuk bukan untuk siapa-siapa, bukan untuk kelompok...
Antara

Jawa Barat Fokus Gaet Wisnu Gairahkan Pariwisata

👤Bayu Anggoro 🕔Minggu 27 September 2020, 14:20 WIB
PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat fokus menarik kunjungan wisatawan nusantara (Wisnu) pada pandemi Covid-19 saat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya