Jumat 03 April 2020, 20:25 WIB

Stres? Ini Aplikasi Konsultasi Daring yang dapat Membantu Anda

Bagus Pradana | Weekend
Stres? Ini Aplikasi Konsultasi Daring yang dapat Membantu Anda

Unsplash/ Road Trip With Raj
Rasa bosan dan stres bisa jadi adalah gejala awal dari kesehatan psikis.

ANJURAN Work From Home (WFH) selama masa pembatasan sosial wabah covid-19 ini awalnya mungkin terdengar menyenangkan karena dapat mengerjakan pekerjaan tanpa perlu ke kantor. Namun siapa sangka tidak sedikit orang yang justru merasa bosan, tertekan, bahkan tak jarang merasa stres saat harus menyelesaikan pekerjaannya di rumah.

Jangan anggap sepele, karena bisa jadi rasa bosan tersebut adalah gejala awal dari kesehatan psikis Anda. Jika tidak segera diatasi, hal tersebut bisa sangat membahayakan diri Anda.

Di tengah situasi yang mengharuskan Anda untuk tetap di rumah seperti saat ini, Anda dapat memanfaatkan layanan konsultasi online, jika memang diperlukan, Berikut beberapa di antaranya

Berikut kami pilihkan beberapa aplikasi konsultasi online yang dapat Anda manfaatkan selama masa karantina.

1.  Riliv

Riliv adalah salah satu layanan konsultasi online yang cukup banyak dirujuk. Anda dapat memanfaatkan fasilitas curhat ke psikolog dari aplikasi Riliv. Selanjutnya aplikasi ini akan menghubungkan Anda dengan psikolog ahli yang mereka sediakan untuk melakukan konsultasi online melalui fitur chatting yang tersedia, dengan terlebih dahulu melakukan registrasi dan pembayaran.

Seluruh kerahasiaan identitas Anda akan dijamin oleh Riliv sehingga Anda dapat dengan bebas menceritakan keluhan Anda dalam layanan konsultasi yang disediakan.

2. Psikologimu

Sama seperti Riliv, Psikologimu adalah aplikasi konsultasi psikologi online yang akan menghubungkan pengguna langsung dengan psikolog pilihan.

Anda dapat memilih topik konsultasi sesuai dengan permasalahan yang dihadapi, dan akan segera direkomendasikan kepada psikolog ahli yang cocok untuk menangani permasalahan tersebut. Selanjutnya Anda dapat mulai berkonsultasi melalui fitur chatting di aplikasi psikologimu secara gratis selama lima belas menit.

Jika dirasa konsultasi yang telah berjalan tersebut cukup membantu, Anda dapat melanjutkannya dengan melakukan registrasi dan pembayaran terlebih dahulu.

3. OnCom

OnCom adalah singkatan dari 'Online Consultation & Mentorship'. Aplikasi ini menawarkan jasa konsultasi untuk berbagai permasalahan, yang tidak terbatas hanya pada masalah psikis saja.

Melalui aplikasi ini Anda dapat mengonsultasikan berbagai masalah lain mulai dari kendala kesehatan, pendidikan, bahkan hingga bisnis.

OnCom akan menghubungkan Anda dengan para konsultan yang sesuai dengan bidang yang Anda butuhkan.

3. Curhad

Bila Anda menginginkan fitur yang lebih simpel untuk mengonsultasikan permasalahan yang Anda alami aplikasi ini sangat tepat untuk Anda.

Curhad adalah aplikasi diskusi online yang siap menampung keluh kesah Anda alami dalam berbagai bidang, tanpa perlu khawatir identitas Anda ketahuan, karena Curhad akan menjamin kerahasiaan identitas Anda dalam sistem operasi yang cukup rapi.

Anda dapat menulis satu topik permasalahan yang Anda alami di kolom curhatan dari Curhad, dan nantinya topik curahan hati Anda akan direspons oleh pengguna yang lain dalan beragam perspektif.

4. Warung Curhat

Terakhir adalah Warung Curhat, aplikasi ini menawarkan sebuah ruang untuk berkeluh kesah. Anda memiliki kebebasan untuk mengutarakan permasalahan apa saja yang anda alami dalam hidup anda.

Menariknya, aplikasi ini akan menghubungkan Anda dan pengguna lain melalui fasilitas chatting room yang dapat Anda gunakan untuk saling berdiskusi.

Selain menawarkan konsultasi, aplikasi Warung Curhat juga menawarkan interaksi dengan pengguna lain. Anda akan mendapatkan banyak teman melalui aplikasi ini. (M-4)

Baca Juga

AFP/JOHANNES EISELE (STF)

Arloji Cerdas dikembangkan untuk Deteksi Corona

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 29 Mei 2020, 19:35 WIB
Fitbit, bersama dengan Apple, juga berkolaborasi dengan Stanford Healthcare Innovation Lab dalam COVID-19 Wearables...
Unsplash/ William Iven

Tabungan Bertambah Saat WFH? Anda Tetap Disarankan Berhemat

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 29 Mei 2020, 16:55 WIB
Meski banyak orang yang turun pendapatan karena pandemi, banyak pula yang tabungannya justru bertambah karena beruntung masih bergaji penuh...
A Jamieson

Ada Penampakan Spesies Gurita Langka di Palung Sunda

👤Bagus Pradana 🕔Jumat 29 Mei 2020, 13:10 WIB
Mereka menjuluki spesies gurita laut dalam yang mereka temui ini dengan sebutan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya