Jumat 03 April 2020, 18:19 WIB

Kasus 12 Positif Korona di Sumsel Kerabat Mendiang Kasus 01

Dwi Apriani | Nusantara
Kasus 12 Positif Korona di Sumsel Kerabat Mendiang Kasus 01

MI/Dwi Apriani
Ruang Isolasi RS Mohammad Hoesin Palembang

 

SEORANG keluarga pasien positif virus korona (covid-19) yang meninggal dunia pada Senin (23/3) di Palembang Sumatra Selatan juga dinyatakan positif covid-19.

Juru bicara satgas covid-19 Sumsel Yusri mengatakan, kasus 12 ini merupakan kasus impor. Namun pasien dalam pengawasan yang saat ini diisolasi di RS Mohammad Hoesin Palembang itu merupakan keluarga pasien 01 atau JS yang sudah meninggal dunia.

"Kasus 12 ini merupakan keluarga pasien 01 yang sudah meninggal dunia. Ini bukan transmisi lokal. Karena kasus 12 juga ke Jakarta namun 01 pulang duluan ke Palembang. Dan belum lama ini kasus 12 pulang ke Palembang dan dinyatakan positif juga. Karenanya kami klasifikasikan ini kasus impor," kata Yusri.

Baca juga: Tukang Becak, Ojol, dan Ojek Pangkalan Purbalingga Dibagi Sembako

Ia mengatakan, pasien 12 ini sekarang masih diisolasi di RSMH Palembang dan kondisinya baik. "Kondisi pasien baik, masih diisolasi dan dirawat di ruang isolasi RSMH Palembang tapi tidak dipakaikan infus,"  kata Yusri.

Baca juga: Blokade Jalan di Tegal Dibuka, Satpol PP Cek Suhu Tubuh Pelintas

Diakuinya, meski sudah ada beberapa pasien yang dinyatakan positif korona namun sampai saat ini Palembang masih masuk zona kuning. Hal itu karena belum ada penularan korona dengan transmisi lokal.

"Semua orang dekat dan yang kontak dengan pasien 01 sudah kita periksa dan tangani. Kunci penetapan zona merah atau kuning adalah pada orang-orang yang kontak langsung. Jika ada penularan dengan transmisi lokal, akan langsung menjadi zona merah,"  kata dia.

Baca juga: Kawasan Bandara Ngurah Rai Disemprot Disinfektan

Untuk di wilayah Sumsel sendiri, satgas penanganan covid-19 Sumsel mencatat sudah ada 1.375 orang ODP, sudah selesai pemantauan sebanyak 405 orang, dan yang masih dalam pemantauan 970 orang.

"Pasien dalam pengawasan ada 39 orang, dimana 24 orang negatif dan 15 orang masih menunggu hasil pemeriksaan. Hari ini (Jumat), ada tambahan 3 orang PDP,"  tambah Jubir Satgas Covid-19 Purwoko.

Ia menuturkan, untuk jumlah sampel yang diperiksa ada 86, di mana 43 di antaranya negatif, 12 positif dan 31 masih dalam proses pemeriksaan. "Dengan bertambahnya kasus positif ini, kami mengharap agar masyarakat Sumsel tetap menerapkan physical distancing atau social distancing serta pola hidup sehat,"  tandasnya. (X-15)

Baca Juga

DOK MI

Polda Jambi Siap Tegakan Aturan Tatanan New Normal

👤Solmi 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 00:50 WIB
Polda Jambi berharap seluruh masyarakat bisa menerima dan mendukung kebijakan new normal yang akan...
DOK MI

Pemkab Banyumas Waspadai Munculnya Klaster Baru Virus Korona

👤Lilik Darmawan 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 00:40 WIB
Di Desa Sokawera, kasus positif dialami seorang perempuan berusia 26 tahun yang baru datang dari...
MI/Adi Kristiadi

Pemkot Tasikmalaya Perpanjang PSBB di Wilayah Zona Merah

👤Kristiadi 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 00:25 WIB
Perpanjangan PSBB dilakukan di Cigantang, Sambongjaya, Kahuripan, Argasari, Empangsari, dan Cilembang yang masih berada di zona merah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya