Jumat 03 April 2020, 17:37 WIB

Tren Positif Covid-19 di Indonesia Ternyata Sempat Turun

Indriyani Astuti | Humaniora
Tren Positif Covid-19 di Indonesia Ternyata Sempat Turun

ANTARA
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menyampaikan keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (25/3)

 

TREN jumlah kasus baru positif Coronavirus disease (Covid-19) sempat mengalami penurunan selama periode tiga hari, yakni pada 29 sampai 31 Maret 2020. Dari data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 tercatat 29 Maret terdapat 130 kasus, kemudian 30 Maret berjumlah 129 kasus dan pada 31 Maret tercatat 114 kasus.

Meski demikian, angka kasus terkonfirmasi positif pada 1 April kembali naik dengan 149 kasus. Lalu, pada 2 April lebih sedikit, tercatat 113 kasus. Menanggapi itu, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan jumlah kasus terkonfirmasi positif sangat dinamis dari hari ke hari sehingga belum bisa disimpulkan ada tren penurunan.

Baca juga: Tips Menumbuhkan Budaya Ramah Anak saat Pandemi Covid -19

"Belum bisa disimpulkan, data sangat dinamis," ujar Yurianto ketika dihubungi Media Indonesia, di Jakarta, pada Jumat (3/4).

Ia mengatakan penurunan itu bisa saja dipengaruhi sejumlah faktor yang perlu dikaji dari hulu ke hilir, antara lain hambatan pengiriman spesimen dari rumah sakit di daerah untuk diperiksa di laboratorium karena kendala transportasi udara, adanya kendala identifikasi spesimen karena harus konfirmasi ulang data dari laboratorium ke rumah sakit pengirim, kendala overload (beban berlebih) laboratorium sehingga hasil pemeriksaan belum keluar dan belum dapat dilaporkan, kendala verifikasi hasil pemeriksaan dari laboratorium daerah ke pusat, serta adanya kendala manajemen data di pusat.

"Sekarang semua sistem sedang dievaluasi ulang dalam dua hari ini," tukas Yurianto. (OL-6)

Baca Juga

Antara

Menag: Pandemi Korona Ujian Ketakwaan Umat Islam

👤Ant 🕔Minggu 24 Mei 2020, 23:55 WIB
"Pandemi ini mengajarkan kita untuk menjadi manusia yang benar-benar bertakwa yang memiliki keseimbangan antara spiritual vertikal...
MI/ Vicky Gustiawan

Pasien Rawat Inap di Wisma Atlet Berkurang 50 Orang

👤Ant 🕔Minggu 24 Mei 2020, 21:50 WIB
Sejak beroperasi pada 23 Maret, sampai dengan 24 Mei 2020, sebanyak 1.875 pasien telah dinyatakan sembuh setelah dirawat di RS Darurat...
Ist/KLHK

Saat halal Bi Halal, Dubes Inggris Apresiasi Menteri LHK RI

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Mei 2020, 21:41 WIB
Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste, Owen Jenkins mengapresiasi kepemimpinan Menteri Siti Nurbaya di sektor kehutanan dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya