Jumat 03 April 2020, 16:39 WIB

Begini Cara Mendapatkan Subsidi Listrik dari Pemerintah

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Begini Cara Mendapatkan Subsidi Listrik dari Pemerintah

MI/DWI APRIANI
Dukung Kebijakan Pemerintah, PLN Wilayah S2JB Beri Gratis Hingga Diskon Kepada Pelanggan.

 

Pemerintah memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat untuk menghadapi pandemi virus korona (covid-19). Dari perlindungan sosial tersebut salah satunya adalah pembebasan listrik selama 3 bulan untuk 24 juta pelanggan golongan 450 VA bersubsidi dan potongan harga 50% untuk 7 juta pelanggan 900 VA bersubsidi.

Untuk mekanisme mendapatkan bantuan tersebut, masyarakat harus memastikan bahwa listrik yang digunakan bersubsidi dari pemerintah. Ini dapat dilihat dari struk pembayaran listik sebelumnya.

Wakil Direktur PLN, Darmawan Prasodjo, menagatakan jika pelanggan memiliki kode R1M berarti tidak berhak mendapatkan diskon meski 450 VA atau 900 VA.

"Dari kode R1M huruf M itu artinya mampu sehingga orang tersebut tidak eligible (berhak) jikat tidak ada huruf M contoh R1 maka orang tersebut berhak," kata Darmawan melalui telekonferensi, Jumat (3/4).

Bagi pelanggan golongan 450 VA pascabayar bersubsidi, nantinya rekening listrik akan gratis di akhir bulan.

Untuk pelanggan 450 VA prabayar atau token bersubsidi setiap bulannya PLN akan memberikan token gratis sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian 3 bulan terakhir.

"Sementara 900 VA pascabayar bersubsidi rekening, listrik akan diberi diskon 50% di akhir bulan," papar Darmawan.

Selanjutnya, untuk golongan 900 VA prabayar atau token bersubsidi setiap bulannya PLN akan memberikan token gratis sebesar 50% pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian 3 bulan terakhir.

Program token gratis dijalankan PLN mulai 1 April adapun cara aksesnya melalui Whatsapp 08122123123 atau di website PLN www.pln.co.id

"Untuk nomor Whatssapp belum dapat digunakan karena masih ada masalah sehingga baru bisa Senin (6/4) nanti," ungkap Darmawan.

Untuk melalui website caranya masuk ke menu pelanggan lalu klik Stimulus COVID-19. Setelah masuk, masukkan ID pelanggan/nomor meter, kemudian token gratis didapatkan.

Untuk pesan Whatsapp masukkan id pelanggan pelanggan. Bila mendapat balasan itu merupakan kode token listrik gratis dan masukan angka ke kode pada token ke kWh meter.

Keringanan tarif listrik tersebut direncakan berlaku selama tiga bulan mulai April hingga Juni 2020.

PLN sendiri sudah menyiapkan skema tersebut sesaui dengan arahan Presiden Joko Widodo. "PLN siap melaksanakan tugas mulia dari Presiden Joko Widodo ini demi masyarakat mampu bertahan di tengah badai pandemi covid-19," jelasnya. (E-3)

Baca Juga

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian/Tim Riset MI-NRC

89 Proyek Penggerak Ekonomi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 05:24 WIB
Selama 2020-2024, proyek strategis nasional ditargetkan bisa menyerap 4 juta tenaga kerja setiap...
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/wsj.

Sensus Penduduk Daring Berakhir

👤(Mir/E-3) 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 04:30 WIB
BADAN Pusat Statistik (BPS) menutup sensus penduduk daring tadi malam pukul 23.59 WIB. Hingga kemarin siang, sensus yang dimulai sejak 15...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

Pasar Optimistis Prospek Ekonomi ke Depan

👤HILDA JULAIKA 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 04:20 WIB
RENCANA pembukaan kembali sejumlah aktivitas perekonomian dan terjaganya stabilitas sistem keuangan Indonesia menimbulkan optimisme...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya