Jumat 03 April 2020, 15:49 WIB

Perlombaan Ditunda, Pembalap Beraksi di Lintasan Virtual

Rahmatul Fajri | Olahraga
Perlombaan Ditunda, Pembalap Beraksi di Lintasan Virtual

AFP/Lluis Gene
Pembalap Fernando Alonso mencoba simulator balap virtual di Barcelona, Spanyol.

PANDEMI virus korona (covid-19) menyebabkan seri balapan F1 musim 2020, mulai dari Grand Prix (GP) Australia hingga GP Monako, ditunda. Masing-masing seri balapan semula dijadwalkan pada 15 Maret dan 24 Mei.

Untuk mengisi kekosongan seri balapan dan mengobati kerinduan para fans, Formula 1 meluncurkan F1 Esports Virtual Grand Prix Series. Balapan virtual ini akan diikuti pembalap F1, seperti Charles Leclerc, Alex Albon, George Russell, Lando Norris and Nicholas Latifi. Selain itu, pemain kriket Inggris Ben Stokes dan eks pembalap Johnny Herbert juga akan ambil bagian.

Balapan virtual ini menggunakan gim ofisial F1 2019 di perangkat computer. Setiap pembalap hanya menempuh 28 lap atau setengah dari balapan resmi. Layaknya balapan asli, para pembalap juga harus melalui babak kualifikasi untuk meraih pole poisition.

Baca juga: Hanya Ada 15-18 Balapan F1 Tahun ini

Para fans dapat menonton aksi balapan melalui siaran langsung di Youtube, Twitch dan kanal Youtube resmi F1. Di luar hari balapan, para fans berkesempatan mengadu kecepatan dengan pembalap F1 secara online.

Jadwal F1 Esports Virtual GP dicocokkan dengan jadwal GP yang ditunda dan telah dimulai di Virtual GP Bahrain pada Minggu (22/3) lalu. Meski bertujuan menghibur para fans, namun pembalap F1 mempersiapkan balapan virtual sebaik mungkin.

Pembalap McLaren, Lando Norris, bahkan menghubungi mekaniknya, Andrew Jarvis, sebelum memulai Virtual GP Bahrain. Dia meminta saran mengenai ban yang harus dipakai selama balapan virtual. "Ya, ban yang keras," jawab Jarvis sambil tertawa di ujung telepon.

Lando yang start dari barisan belakang pun akhirnya menyudahi balapan di posisi ke-5. Kemudian saat Lando melawan para fans secara online, balapan juga berlangsung seperti di dunia nyata. Trek yang basah karena hujan ditambah ban yang kehilangan grip membuat Lando keluar jalur dan diasapi para fansnya.

Baca juga: Tim MotoGP Usul Gelar Tes Pramusim Tambahan

Hal yang menarik saat balapan vir tual, komentator dapat bertanya langsung kepada Lando mengenai jalannya balapan. "Saya harus ke kokpit sekarang dan mengganti ban," ujar Lando.

Lando pun akhirnya mampu menyudahi balapan, namun ia harus tercecer dari para fansnya dan finis pada posisi 16. "Saya tidak terlalu jago," kata Lando sambil tertawa.

Sementara itu, George Russell masih menantikan balapan virtualnya pada pekan ini di GP Vietnam. Pembalap Williams Racing itu tampak tak sabar mencoba perangkat balapan virtual di rumahnya. Mengenakan kaos putih dan celana olahraga, dia tampak mencoba perangkat simulasi F1, Fanatec yang dijual sekitar Rp 46 juta.

"Haruskah saya mencoba akhir pekan ini?" tulis Russell dalam akun twitternya.(f1.com/OL-11)

 

 

Baca Juga

Antara/Akbar Nugroho Gumay

Cetak Atlet Berprestasi, Kemenpora Godok Grand Design Olahraga RI

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 17:41 WIB
Review terhadap ekosistem keolahragaaan Indonesia saat ini sedang dilakukan untuk mengetahui secara jelas kelemahan dan kekuatan olahraga...
AFP/Tobias SCHWARZ

Jelang GP Portugal, Ferrari Lakukan Upgrade SF1000

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 17:00 WIB
Pembalap Ferrari Charles Leclerc mengatakan dia merasakan banyak hal positif dalam pembaruan yang dilakukan...
AFP/JOSE JORDAN

Mir Mengaku tidak Peduli dengan Gelar Juara Dunia MotoGP

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 11:57 WIB
Pembalap asal Spanyol itu mengatakan dengan berfokus merebut kemenangan pada tiap seri GP, gelar juara dunia akan datang dengan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya