Jumat 03 April 2020, 15:47 WIB

160 Penghuni LP di NTT Dibebaskan dari 8 LP dan Rutan

Palce Amalo | Nusantara
160 Penghuni LP di NTT Dibebaskan dari 8 LP dan Rutan

Dok Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT
Narapidana di NTT yang dikeluarkan.

 

SEBANYAK 160 narapidana di Nusa Tenggara Timur (NTT) telah dikeluarkan dari lembaga pemasyarakatan (LP) dan rumah tahanan (rutan). Ratusan lainnya masih menunggu giliar.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT Marciana D Jone menyebutkan, 160 orang warga binaan itu telah dikeluarkan hingga Jumat (3/4).

Baca juga: Bocah di Makassar Bongkar Celengan untuk Beli APD Kakak Dokter

Jumlah itu baru berasal dari delapan LP dan rutan. Adapun pembebasan napi dari 10 LP dan rutan lainnya sedang dalam proses, antara lain berasal dari LP Perempuan Kelas IIB Kupang, LP Kelas IIA Waingapu, LP Kelas III Rote, dan Rutan Kelas IIB Soe.

Baca juga: Pemkot Surakarta Siapkan 5 Bus BST Adang Pemudik

Menurut Marciana, napi yang sudah dibebaskan berasal dari LP Kelas IIA Kupang, LP IIB Kalabahi, LP IIB Ende, LP IIB Atambua, LPKA Kelas I Kupang, Rutan Kelas IIB Kupang, Rutan Kelas IIB Kefamenanu, dan Rutan Kelas IIB Ruteng.

"Pembebasan ini berlaku sejak 1 April sampai masa pandemik covid-19 berakhir yang dinyatakan oleh berwenang," katanya di Kupang, Jumat (3/4).

Baca juga: Waduh, Warga Tasikmalaya Dipungut Uang Semprot Disinfektan

Dia menyebutkan pembebasan napi juga dalam rangka mengurangi over kapasitas untuk meminimalisir penyebaran virus korona. Adapun dari ratusan napi yang dibebaskan tersebut, dilaporkan tidak ada napi kasus korupsi.

Mereka yang dibebaskan adalah narapidana yang 2/3 masa pidananya jatuh sampai 31 Desember  2020.  Begitu juga untuk napi anak, 1/2 masa pidananya jatuh sampai 31 Desember. (X-15)

 

Baca Juga

Mi/Martinus Solo

Tim Gabungan Gelar Patroli Malam di Laut Sorong

👤Martinus Solo 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 13:00 WIB
Patroli dilakukan guna mengantisipasi kemungkinan penyebaran pandemi covid-19 di Kota Sorong melalui laut oleh nelayan dan masyarakat yang...
MI/Djoko Sardjono

Terdampak Covid-19, Pekerja di Objek Wisata Klaten Dapat Bantuan

👤Djoko Sardjono 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 12:15 WIB
Para pekerja di lingkungan objek wisata yang terkena dampak pandemi Covid-19, seperti tukang parkir, pedagang, satpam, dan...
 MI/John Lewar

Seorang Pria Ditemukan Membusuk di Kamar Kos

👤John Lewar 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 11:30 WIB
Pria yang diketahui bernama Deni Sulistio ini merupakan warga asal Desa Hegarsari, Rt/Rw 002/003, Kecamatan Pataruman, Provinsi Jawa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya