Jumat 03 April 2020, 13:13 WIB

Wabah Korona, Bantuan PKH Dipercepat Pencairan

Lilik Darmawan | Nusantara
Wabah Korona, Bantuan PKH Dipercepat Pencairan

ANTARA FOTO/Rahmad
Para penerima bantuan program keluarga harapan sedang mengakses kartu keluarga sejahtera melalui mesin EDC.

 

PEMKAB Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) mulai menyalurkan bantuan dana program keluarga harapan (PKH) untuk triwulan yang kedua. Pada April ini, pemerintah juga bakal mencairkan bantuan pangan non tunai (BPNT) yang telah ditambah alokasinya menjadi Rp200 ribu dari sebelumnya Rp150 ribu per bulan.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsospermasdes) Kartiman mengatakan bahwa PKH untuk triwulan kedua memang dimajukan pencariannya. 

"Sebab, seharusnya pencairan dilaksanakan pada akhir bulan triwulan kedua atau Juni. Tetapi, karena ada Covid-19, maka pencairannya dimajukan. Banyumas telah mencairkan sejak 25 Maret lalu dan sampai awal April masih jalan menyesuaikan protokol pencegahan korona. Pada triwulan pertama, telah dicairkan pada awal Maret lalu," ¬Ějelas Kartiman pada Jumat (3/4).

Menurut Kartiman, di Banyumas ada 93 ribu keluarga lebih yang mendapatkan bantuan PKH, dengan nominal yang berbeda-beda, disesuaikan dengan item-item masing-masing. Untuk anggaran total selama satu tahun di Banyumas, senilai Rp59 miliar yang biasanya diterimakan setiap triwulan sekali.

baca juga: Jumlah ODP Covid-19 di Babel Meningkat Tajam

Selain PKH, lanjut Kartiman, pihaknya juga tengah merencanakan BPNT untuk segera dicairkan. Mulai bulan Maret lalu, jumlah nominal BPNT mencapai Rp200 ribu atau naik Rp50 ribu jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. “Kami masih melakukan koordinasi untuk penetapan tanggal pencairan pada April ini, tetapi kemungkinan sebelum tanggal 20 April. Jumlah keluarga penerima BPNT sebanyak 140 ribuan di Banyumas. (OL-3)
 

Baca Juga

MI/Denny Susanto

Kalsel Masih Tertinggi Kasus Covid-19 di Pulau Kalimantan

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 09:09 WIB
Provinsi Kalsel berada diurutan ke lima jumlah kasus positif virus korona di bawah Provinsi Jawa Timur, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan dan...
Dok: Pribadi

Tenaga Honorer RSUD Suradadi Tegal dapat Bantuan Sembako

👤Supardji Rasban 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 08:30 WIB
Selain tenaga honorer dan tukang parkir yang mendapat sembako, RSUD Suradadi pun mendapat bantuan...
MI/Gabriel Langga

19 Napi Jalani Rapid Test Sebelum Dipindahkan ke Rutan Maumere

👤Gabriel Langga 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 08:15 WIB
Rumah tahanan Polres Sikka saat ini sudah melebihi kuota, sehingga 19 napi harus dipindahkan ke rutan Maumere berdasarkan permintaan dari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya