Kamis 02 April 2020, 20:30 WIB

Pemkot Depok Siapkan Rp43 Miliar Tanggani Covid-19

Kisar Rajagukguk | Megapolitan
Pemkot Depok Siapkan Rp43 Miliar Tanggani Covid-19

MI/Kisar Rajagukguk
Wali kota Depok Idris Abdul Shomad

 

PEMERINTAH Kota Depok menyiapkan dana sebesar Rp43 miliar untuk penanganan wabah korona atau Covid-19. Anggaran tersebut tertulis dalam informasi perkembangan Covid-19 Kota Depok, Kamis (2/4).

Pencairan dana lawan covid -19 dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dialokasikan Rp20 miliar untuk pemenuhan kebutuhan Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

"Anggaran tahap I untuk pemenuhan kebutuhan Dinas Kesehatan dan RSUD sudah digelontorkan, " kata Wali kota Depok Idris Abdul Shomad dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/4).

Sementara anggaran tahap II untuk kebutuhan RSUD, RS Universitas Indonesia (RSUI), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) dan Dinas Sosial (Dinsos) digelontorkan menyusul. "Tahap II akan secepatnya cair," janjinya.

Namun, Wali kota Idris tak merinci pos-pos sumber dananya. Apakah dari pos dana tak terduga, dana tanggap darurat atau dana pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Depok yang tertunda gara-gara virus covid-19.

Seperti diketahui sebelumnya, pasien suspect atau positif korona di Kota Depok terus bertambah secara signifikan setiap harinya. Karena itu, Depok sudah menjadi daerah tanggap darurat bencana.

Maka itu, idris melalui Instruksi Walikota Nomor: 02 Tahun 2020 tentang pembentukan kampung siaga covid-19, yang memeritahkan seluruh camat dan lurah didaerahnya untuk segera membentuk kampung siaga covid-19 berbasis rukun warga.

Idris mengingatkan para camat dan lurah berkoordinasi dengan TNI dan Polri serta sekolah relawan dalam pembentukan kampung siaga covid-19.

Gugus Tugas Perceparan Penanganan Covid 29 Kota Depok membeberkan hingga malam ini Kamis (2/4) mendata orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 1.603 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 417 orang, positif virus sebanyak 50 orang, sembuh 10 orang. Jumlah PDP yang meninggal hingga saat ini mencapai 18 orang. (OL-13)

Baca Juga: Melanggar Instruksi Isolasi, Jerome Boateng Didenda

Baca Juga: Digelar Patroli Terpadu Pencegahan Karhutla di Empat Provinsi 

Baca Juga

ANTARA/Muhammad Adimaja

Warga tidak Perlu Lampirkan Hasil Tes PCR untuk Urus SIKM

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 12:28 WIB
Dalam surat pernyataan sehat tersebut, warga harus mengisi data diri dan menjawab delapan pertanyaan seputar covid-19. Surat pernyataan itu...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

Pengguna Transportasi Umum Saat New Normal Harus Diperhatikan

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 11:00 WIB
Masyarakat harus lebih berhati-hati terutama saat menggunakan transportasi...
ANTARA/Rivan Awal Lingga

Grand Indonesia Buka Lagi 8 Juni, Pengunjung Wajib Masker

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 10:17 WIB
Grand Indonesia bakal menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang ketat saat mal tersebut buka, Senin (8/6)...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya