Kamis 02 April 2020, 19:47 WIB

Memantik Aksi Sosial dari Pelatnas Cipayung

Akmal Fauzi | Olahraga
Memantik Aksi Sosial dari Pelatnas Cipayung

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Sejumlah pemain bulu tangkis nasional di pelatnas cipayung.

PANDEMI Covid-19 memantik kepedulian banyak pihak, termasuk para atlet bulutangkis tanah air. Mereka memberikan berbagai macam sumbangan untuk membantu memerangi Covid-19

Pandemi yang terus meluas membawa dampak pada perekonomian warga khususnya mereka yang harus bekerja mencari nafkah untuk keluarga.

Gerakan ini muncul atas dasar keprihatinan bagi masyarakat Tanah Air yang masih harus keluar untuk bekerja. Padahal, pemerintah telah memberlakukan social distancing untuk menekan penyebaran covid-19.

Kondisi ini membuat atlet-atlet Pelatnas Cipayung tergerak untuk membantu meringankan beban masyarakat yang kurang mampu. Mereka menyumbang lebih dari 500 paket yang berisi hand sanitizer, disinfektan serta masker kepada pengemudi ojek online, pedagang asongan hingga tukang parkir.

"Ibaratnya, mereka lebih takut keluarganya nggak makan daripada kena Corona, jadi serba salah," kata ganda putri Indonesia, Greysia Polii, Kamis (2/4).

Gerakan sosial ini awalnya diinisiasi oleh Greysia untuk rekan-rekan di sektor ganda putri, namun kabar itu tersebar ke seluruh penghuni pelatnas, termasuk pengurus PBSI, yang juga ikut ambil bagian memberi bantuan.

"Kami kemarin-kemarin diisolasi, jadi kami enggak tahu keadaan di luar bagaimana. Memang, sih, baca berita, tapi 'kan enggak melihat sendiri, jadi enggak ada gambaran," ujarnya.

Aksi sosial ini sekaligus memberi pengalaman baru buat pebulu tangkis ganda putra, Fajar Alfian, yang untuk pertama kali membuat cairan disinfektan. Bagi partner Muhammad Rian Ardianto itu, penting untuk saling mendukung di tengah wabah covid-19 saat ini.

"Ini pertama kalinya saya bikin disinfektan, mudah-mudahan ini bisa membantu mereka yang membutuhkan untuk melindungi diri di wabah Corona seperti ini," kata Fajar Alfian, pemain ganda putra.

Selain bantuan perlengkapan pencegahan, atlet-atlet PBSI pun mengumpulkan dana yang rencananya akan dibelikan sembako serta Alat Pelindung Diri (APD) untuk disumbangkan kepada tenaga kesehatan yang membutuhkan.

Sebelumnya, para atlet yang berada di Pelatnas Cipayung dipastikan negatif covid-19 setelah mereka menjalani rapid test.

Para atlet yang menjalani rapid test juga termasuk mereka yang ikut berlaga di turnamen All England 2020 di Birmingham, Inggris, dua pekan lalu. Selain atlet, para pelatih yang ada di Pelatnas Cipayung juga menjalani rapid test dan hasilnya semua negatif. (OL-4)

Baca Juga

AFP/Stacy Revere / GETTY IMAGES NORTH AMERICA

NBA All-Star di Indinanapolis Diundur Jadi 2024

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 26 November 2020, 07:26 WIB
NBA, saat ini, masih merancang pemindahan lokasi penyelenggaraan pekan All-Star 2021, yang akan diumumkan...
AFP/Lachlan Cunningham / GETTY IMAGES NORTH AMERICA

Operasi Achilles Klay Thompson Sukses

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 26 November 2020, 07:00 WIB
Thompson kemungkinan akan kembali melewatkan musim NBA 2020/21 yang rencananya mulai bergulir pada 22 Desember...
AFP/Lillian SUWANRUMPHA

Medali Olimpiade Dua Lifter Rumania Dicabut karena Doping

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 26 November 2020, 05:29 WIB
Kedua atlet itu, yakni lifter putri Roxana Cocos yang memenangkan medali perak kategori 69 kilogram dan lifter putra Razvan Martin, peraih...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya