Kamis 02 April 2020, 18:58 WIB

Universitas Udayana Targetkan 10 Ribu Liter Bio-Hand Sanitizer

Antara | Nusantara
Universitas Udayana Targetkan 10 Ribu Liter Bio-Hand Sanitizer

Antara
Proses pengemasan hand sanitizer ke botol kemasan, di kampus Universitas Udayana, Badung, Bali, Kamis (2/4).

 

PROGRAM Studi Farmasi Universitas Udayana bekerja sama dengan Polda Bali menargetkan pembuatan 10.000 liter bio-hand sanitizer dari 4.000 liter minuman beralkohol (arak) yang disediakan Polda sekaligus memproduksi cairan disinfektan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Yang membuat lama selama proses ini adalah proses distilasinya. Dengan alat yang kita punya, kita bisa distilasi 20 liter minuman beralkohol untuk 200 liter hand sanitizer,” kata Koordinator Program Studi Farmasi Fakultas MIPA, Dewa Ayu Swastini, dalam keterangan pers yang diterima di Denpasar, Kamis (2/4).

Ia mengatakan bahwa produksi hand sanitizer menjadi salah satu upaya tanggap terhadap kelangkaan produk serupa di pasaran semenjak meningkatnya jumlah kasus penyebaran Covid-19.

Selain itu, hand sanitizer yang diberi merk UCare Bio-Hand Sanitizer ini terbuat dari minuman beralkohol sumbangan dari Polda Bali. "Jadi dalam prosesnya didistilasi dan dicampur dengan bahan-bahan alami. Minuman beralkohol ini adalah hasil sitaan Polda Bali dari masyarakat," katanya.

Ia mengatakan karena kadar dari minuman beralkohol itu berbeda-beda, maka harus melalui proses distilasi terlebih dulu untuk menyamakan kadar.

Ayu Swastini menjelaskan untuk menghasilkan ramuan bio-hand sanitizer, alkohol hasil distilasi dicampur dengan vopidon iodine, minyak cengkeh, dan minyak mint.

Selanjutnya, bio-hand sanitizer yang diproduksi akan diserahkan kepada Polda Bali untuk didistribusikan kepada masyarakat. (OL-12)

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

Terdampak Covid-19, Pekerja di Objek Wisata Klaten Dapat Bantuan

👤Djoko Sardjono 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 12:15 WIB
Para pekerja di lingkungan objek wisata yang terkena dampak pandemi Covid-19, seperti tukang parkir, pedagang, satpam, dan...
 MI/John Lewar

Seorang Pria Ditemukan Membusuk di Kamar Kos

👤John Lewar 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 11:30 WIB
Pria yang diketahui bernama Deni Sulistio ini merupakan warga asal Desa Hegarsari, Rt/Rw 002/003, Kecamatan Pataruman, Provinsi Jawa...
MI/Martinus Solo

Penumpang KM Fajar Mulia Dikarantina di Raja Ampat

👤Martinus Solo 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 10:15 WIB
Mereka yang melakukan perjalanan ke luar daerah harus memiliki dokumen atau surat lengkap. Ia berharap agar masyarakat tetap menaati...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya