Kamis 02 April 2020, 18:44 WIB

Bantah Usir WNI, Menlu Malaysia: Cek sebelum Keluarkan Pernyataan

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Bantah Usir WNI, Menlu Malaysia: Cek sebelum Keluarkan Pernyataan

Antara
Sejumlah pekerja migran ilegal yang baru pulang dari Malaysia di Pos Polair Dumai di Dumai, Riau, Kamis (2/4).

 

PEMERINTAH Malaysia membantah telah mengusir warga negara Indonesia (WNI) seperti dilansir Migrant Care.

"Saya ingin menyarankan mereka di luar sana untuk melakukan cek yang diperlukan sebelum mengeluarkan pernyataan. Jangan hanya membuat tuduhan yang tidak bertanggung jawab yang dapat merusak hubungan baik antara Malaysia dan Indonesia," tambah Menteri Luar Negeri Malaysia Hishammuddin Hussein.

Baca juga: Menhub: Terima Kasih Bapak Presiden dan Tim Medis RSPAD

Dia mengatakan semua orang Indonesia yang kembali ke Tanah Air melakukannya karena alasan lain dan ini dikonfirmasi oleh beberapa pemangku kepentingan.

"Menteri Luar Negeri Ibu Retno Marsudi mengatakan sebelumnya akan ada sekelompok orang Indonesia yang pulang, tetapi dia tidak pernah mengatakan itu adalah pengusiran. Juru bicara kementerian luar negeri Indonesia Teuku Faizasyah sebelumnya menekankan bahwa semua orang Indonesia yang tiba di negara itu tidak diusir, tetapi dikirim pulang karena memasuki Malaysia tanpa izin sebelum krisis covid-19 (dimulai). Konsul Anang Fauzi Firdaus dari Konsulat Jenderal Indonesia di Johor Bahru juga mengakui orang Indonesia kembali (baik karena) izin mereka untuk tinggal telah kedaluwarsa atau mereka tidak bisa mendapatkan pekerjaan selama MCO (movement control order) di Malaysia," kata Hishammuddin dalam sebuah pernyataan hari ini.

Baca juga: Perampok Toko Emas Tewas Akibat Covid-19 di RS Polri

Hishammuddin menanggapi pernyataan oleh organisasi Migrant Care yang mengklaim pemerintah Malaysia baru-baru ini mengusir orang Indonesia dalam skala besar.

Kementerian Komunikasi dan Multimedia Malaysia mengeluarkan Pemakluman Berita Palsu. Dalam pernyataan itu, mereka membantah tudingan Migrant Care kalau Kerajaan Malaysia telah mengusir rakyat Indonesia secara besar-besaran. (NST/X-15)

Baca Juga

AFP/Dave Chan

Kanada Tolak Undang Rusia dalam KTT G7

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 02 Juni 2020, 15:15 WIB
Rusia dikeluarkan dari G7 setelah menginvasi Crimea beberapa tahun yang...
AFP/Roslan Rahman

Sekolah Kembali Dibuka di Singapura,Tiap Murid Wajib Periksa Suhu

👤Deri Dahuri 🕔Selasa 02 Juni 2020, 15:12 WIB
Kini kasus Covid-19 di ‘Negeri Singa’ itu tercatat lebih dari 35 ribu kasus. Namun negara yang berada di kawasan Asia Tenggara...
AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV

Rusia Perlonggar Lockdown Meski Ada 9.000 Kasus Covid-19 Sehari

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Selasa 02 Juni 2020, 14:05 WIB
Penduduk Moskow antusias berolahraga, berjalan-jalan, dan berbelanja pada Senin (1/6), ketika kota itu memperlonggar lockdown yang ketat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya