Kamis 02 April 2020, 14:31 WIB

Bukan BLT, Anies Bisa Berikan Stok Pangan Seminggu untuk Warga

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Bukan BLT, Anies Bisa Berikan Stok Pangan Seminggu untuk Warga

ANTARA
Pekerja memindahkan paket sembako untuk didistribusikan ke Kelurahan, RW dan RT di Kantor Kecamatan Pesurungan Kidul, Tegal, Jawa Tengah.

 

WAKIL Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Zita Anjani, meminta Gubernur Anies Baswedan segera merealisasikan bantuan ke warga yang terdampak Covid-19. Bantuan yang dimaksudnya bukan bantuan langsung tunai (BLT).

"Jangan bentuk BLT, bisa jadi kolusi dan sebagainya. Disediakan stok kebutuhan pangan saja untuk satu minggu. Bantuannya bisa didrop di rumah warga," kata Zita di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (2/4).

Baca juga: Dirlantas PMJ Salurkan Bantuan dari Presiden untuk Masyarakat

Zita mengatakan, dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah (PP) tentang Penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB, dan Keppres Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat, DKI bisa segera mencairkan bantuan tersebut.

"Ya segera aja dibuat rencananya, bagaimana jaringan bantuan sosial sampai ke warga-warga yang terdampak. Mereka mau kok tinggal di rumah tapi dijamin (kebutuhan pokok)," sebut Zita.

Yang terpenting saat ini, imbuhnya, keseriusan Pemprov DKI dalam memberikan bantuan kepada 1,1 juta warga yang pernah dijanjikan oleh Anies Baswedan.

"Kita juga bisa lihat anggaran yang dikeluarkan pemda-pemda di seluruh Indonesia, kita bandingin aja. DKI tuh tingkatannya rendah dalam berikan bantuan anggaranya. Komitmen pemprov bisa dibuktikan dengan jumlah anggaran yang digelontorkan ke warga Jakarta," jelas Zita

Zita mengklaim bantuan sebesar Rp130 miliar yang dikeluarkan Pemprov DKI tidak cukup untuk menyambung kebutuhan 1,1 juta warga yang terdampak Covid-19.

Baca juga: Polri Tegaskan Represi Langkah Terakhir Penegakan PSBB

Warga yang kesulitan mencari nafkah harian karena imbauan bekerja di rumah, ungkap Zita, harus segera diprioritaskan bantuannya.

"Bukannya saya bilang enggak serius DKI ini, tapi untuk menangani Covid-19 tidak bisa hanya dengan Rp130 miliar. Jadi, tolonglah anggaran ini segera terealisasikan," pungkas Zita. (OL-6)

Baca Juga

ANTARA/Muhammad Adimaja

Warga tidak Perlu Lampirkan Hasil Tes PCR untuk Urus SIKM

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 12:28 WIB
Dalam surat pernyataan sehat tersebut, warga harus mengisi data diri dan menjawab delapan pertanyaan seputar covid-19. Surat pernyataan itu...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

Pengguna Transportasi Umum Saat New Normal Harus Diperhatikan

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 11:00 WIB
Masyarakat harus lebih berhati-hati terutama saat menggunakan transportasi...
ANTARA/Rivan Awal Lingga

Grand Indonesia Buka Lagi 8 Juni, Pengunjung Wajib Masker

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 10:17 WIB
Grand Indonesia bakal menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang ketat saat mal tersebut buka, Senin (8/6)...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya