Kamis 02 April 2020, 14:17 WIB

Soal Libur Lebaran, Luhut: Diberikan lebih Banyak di Akhir Tahun

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Soal Libur Lebaran, Luhut: Diberikan lebih Banyak di Akhir Tahun

Antara
Menteri Koordinator Bidang Kemaritman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

 

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan pemerintah tengah mengkaji rencana pergeseran hari libur lebaran.

Baca juga: Politisi NasDem Desak Gugus Tugas Usul PSBB di Jabodetabek

Jika memungkinkan, libur Hari Raya Idul Fitri akan dipindahkan dan diakumulasikan dengan libur di akhir tahun.

"Mengenai libur lebaran, itu mungkin bisa diberikan lebih banyak di akhir tahun. Sekarang sedang dihitung dan dirumuskan teknisnya," ujar Luhut seusai mengikuti rapat terbatas, Kamis (2/4).

Baca juga: Menperin Minta Industri Makanan Genjot Produktivitas

Pemerintah memang telah memunculkan wacana penggantian hari libur nasional untuk periode Hari Raya Idul Fitri. Wacana tersebut dimunculkan dalam upaya mencegah pergerakan masyarakat dalam jumlah besar di masa pandemi virus korona (covid-19).

"Saya melihat, untuk mudik ini, dalam rangka menenangkan masyarakat, mungkin alternatifnya adalah mengganti hari libur nasional di lain hari untuk hari raya. Ini mungkin bisa dibicarakan," ujar Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas, Kamis (2/4).

Baca juga: Dijanjikan Hotel Bintang, Penginapan Tenaga Medis Memprihatinkan

Jika wacana tersebut benar-benar bisa diimplementasikan, presiden ingin ada kebijakan-kebijakan pendamping yang akan memudahkan masyarakat yang pulang ke kampung halaman.

"Berikan fasilitas arus mudik bagi masyarakat pada hari pengganti tersebut. Kemudian, bisa juga menggratiskan tempat-tempat wisata yang dimiliki oleh daerah. Saya kira kalau skenario-skenario tersebut dilakukan, kita bisa memberi sedikit ketenangan pada masyarakat," tutur Kepala Negara. (X-15)
 

Baca Juga

Dok. Istimewa

Gelombang 4 Kartu Prakerja, Latihan Barista & Usaha Kopi Diminati

👤Gana Buana 🕔Jumat 29 Mei 2020, 22:52 WIB
Direktur Kemitraan dan Komunikasi PMO Kartu Pra Kerja Panji Winanteya Ruky mengatakan, dua materi tersebut merupakan suatu pelatihan yang...
Antara/Audy Alwi

Ini Penyesuaian Pemasaran Asuransi dari OJK di Masa Pandemi Covid

👤Hilda Julaikan 🕔Jumat 29 Mei 2020, 22:45 WIB
Menurut Kepala Eksekutif Pengawas IKNB Riswinandi kebijakan itu dikeluarkan sebagai upaya OJK menjaga kinerja dan stabilitas industri...
Ilustrasi

Darurat Covid-19 Indonesia, Bank Dunia Siapkan Rp3,67 Triliun

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 29 Mei 2020, 21:50 WIB
Pendanaan ini akan mendukung Indonesia mengurangi risiko penyebaran, meningkatkan kemampuan mendeteksi, serta meningkatkan tanggapan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya