Kamis 02 April 2020, 11:45 WIB

Ragam Cara Agar tidak Depresi di Masa Pandemi

Bagus Pradana | Weekend
Ragam Cara Agar tidak Depresi di Masa Pandemi

Anthony WALLACE / AFP
Belajar yoga via online juga dapat menjadi cara mengusir sepi di tengah Pandemi.

JIKA Anda sedang mengisolasi diri atau dalam masa karantina mandiri akibat virus korona, selain kondisi fisik, hal yang juga harus diperhatikan adalah kesehatan mental Anda.

Isolasi mandiri mungkin merupakan salah satu cara yang efektif untuk meminimalisir penyebaran virus korona, namun hal tersebut bisa menjadi sangat sulit untuk dilakukan ketika Anda memiliki gangguan psikis seperti bosan, cemas, atau frustasi.

 

Jika Anda khawatir dengan efeknya pada kesehatan mental Anda, berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan selama karantina, yang kami sarikan dari  https://youngminds.org.uk.

 

Tetap terhubung

Video call merupakan cara terbaik untuk tetap terhubung dengan sesama. Salah satu cara untuk mengatasi rasa cemas dan bosan di masa karantina ini adalah dengan melihat wajah kerabat atau teman terdekat Anda. Cara ini sekaligus dapat membuat suasana hati membaik terutama ketika Anda merasa kesepian.

Ada banyak layanan panggilan video gratis yang dapat Anda gunakan. Apalagi jika Anda terhubung dengan Wifi, hal ini akan membantu untuk meminimalisir serangan bosan yang setiap saat siap mengintai di masa krisis seperti ini.

Jangan malu untuk tampil di depan kamera, karena orang yang Anda sayangi bisa saja juga sedang mengkhawatirkan Anda.

Bergabung dengan Komunitas Daring

Ada banyak komunitas daring yang menyelenggarakan acara-acara positif selama masa tanggap darurat ini berlangsung. Anda dapat bergabung dengan mereka untuk sekadar mencari inspirasi, mengobrol, atau mungkin ikut andil dalam program komunitas tersebut.

Menyapa Sahabat Lama

Anda mungkin bukan satu-satunya orang yang merasa khawatir, bosan, atau frustrasi ketika menghadapi situasi krisis semacam ini. Ini adalah saat yang tepat untuk mengejar ketinggalan, jadi jangan takut untuk melakukan langkah pertama dengan menghubungi sahabat atau teman yang sudah lama tidak Anda hubungi. Mereka mungkin akan sangat berterima kasih saat ada yang memperhatikan mereka. Kirimi mereka pesan dan beri tahu mereka bahwa Anda merindukannya.

Meditasi dan Yoga

Ada banyak teknik pernapasan dan meditasi yang dapat Anda pelajari guna membantu anda meredakan kecemasan dan menjernihkan pikiran anda di saat masa-masa yang tidak menentu ini.

Dan, jika Anda menginginkan sedikit rileks, Anda juga bisa mencoba untuk berlatih yoga atau mempraktekan gerakan-gerakan olah raga yang lembut yang dapat memperbaiki suasana hati Anda. Ada banyak video di Youtube yang dapat Anda tonton sebagai panduan untuk melakukan gerakan-gerakan tersebut.

Bersihkan media sosial Anda

Anda mungkin menghabiskan lebih banyak waktu daripada biasanya untuk menggulir di media sosial. Tetapi apakah Anda pernah berpikir tentang bagaimana ini dapat mempengaruhi kesehatan mental Anda?

Coba proteksi diri Anda dari wacana-wacana negatif yang kadang sering berseliweran di media sosial dengan berhenti mengikuti atau membisukan akun yang membuat Anda merasa cemas, kesal, atau marah.

Jangan Ragu Minta Bantuan

Jika situasi psikis yang Anda hadapi tidak dapat Anda kontrol, jangan ragu untuk meminta bantuan.

Anda bisa mulai dengan memanfaatkan layanan konsultasi psikologi daring, ada banyak layanan konsultasi psikologi daring yang dapat Anda hubungi sebagai langkah awal untuk menghadapi kondisi darurat seperti ini.

Jika kondisi masih belum stabil, segera hubungi seseorang yang memang Anda percayai. Panggil teman atau hubungi kanal bantuan yang telah disediakan pemerintah. (M-4)

Baca Juga

AFP/JOHANNES EISELE (STF)

Arloji Cerdas dikembangkan untuk Deteksi Corona

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 29 Mei 2020, 19:35 WIB
Fitbit, bersama dengan Apple, juga berkolaborasi dengan Stanford Healthcare Innovation Lab dalam COVID-19 Wearables...
Unsplash/ William Iven

Tabungan Bertambah Saat WFH? Anda Tetap Disarankan Berhemat

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 29 Mei 2020, 16:55 WIB
Meski banyak orang yang turun pendapatan karena pandemi, banyak pula yang tabungannya justru bertambah karena beruntung masih bergaji penuh...
A Jamieson

Ada Penampakan Spesies Gurita Langka di Palung Sunda

👤Bagus Pradana 🕔Jumat 29 Mei 2020, 13:10 WIB
Mereka menjuluki spesies gurita laut dalam yang mereka temui ini dengan sebutan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya