Rabu 01 April 2020, 22:21 WIB

Kemenlu Jamin Keselamatan ABK yang Terdampak Covid-19

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Kemenlu Jamin Keselamatan ABK yang Terdampak Covid-19

AFP
Ilustrasi Kapal Diamond Princess

 

KEMENTERIAN Luar Negeri mengungkapkan sejauh ini sebanyak 963 WNI yang berprofesi sebagai anak buah kapal (ABK) di sejumlah kapal yang terdampak wabah virus korona telah kembali ke Tanah Air.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemenlu, Judha Nugraha, mengatakan pihak mereka sudah berkomunikasi dengan agensi atau perusahaan-perusahaan yang memberangkatkan para ABK tersebut ke luar negeri.

 

Kemenlu juga meminta dilakukan perawatan terhadap mereka sesuai dengan protokol kesehatan yang dibutuhkan jika ditemukan mereka tekena covid-19. Kemudian memastikan ABK mendapatkan pemeriksaan sesuai dengan protokol WHO yang ada setiap tempat.

“Yang tak kalah penting adalah memastikan hak-hak pekerja migran asal Indonesia terpenuhi,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (1/4)

Ia memastikan dari komunikasi yang dilakukan pihak-pihak principle tidak melakukan pemutusan hubungan kerja. Bahkan terdapat beberapa dari mereka yang tetap memberikan gaji walaupun ABK sudah kembali ke Indonesia.

“Kita juga memfasilitasi pengurusan, pemulangan pekerja migran kita awak kapal bekerja sama dengan operator kapal atau atau otoritas setempat dan juga agensi yang ada di Indonesia, tetap berkoordanis dengan kementerian dan lembaga terkait,” tandas Judha. (OL-8)

Baca Juga

AFP

AS akan Larang Semua Maskapai Penerbangan Tiongkok

👤Nur Aivanni 🕔Kamis 04 Juni 2020, 08:31 WIB
Penangguhan penerbangan oleh maskapai Tiongkok ini dilakukan  setelah Beijing tidak mengizinkan maskapai Amerika untuk melanjutkan...
AFP/Christopher Black

WHO Lanjutkan Uji Coba Hidroksiklorokuin untuk Covid-19

👤Nur Aivanni 🕔Kamis 04 Juni 2020, 07:30 WIB
Lebih dari 3.500 pasien telah direkrut di 35 negara untuk mengambil bagian dalam uji coba...
AFP/GETTY IMAGES/MARIO TAMA

Warga Houston Kenang George Floyd

👤AFP/Nur/X-11 🕔Kamis 04 Juni 2020, 05:26 WIB
Tidak ada WNI yang terdampak demonstrasi yang terjadi di AS terkait dengan kematian George...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya