Rabu 01 April 2020, 21:35 WIB

Pemkab Klaten Nyatakan KLB Covid-19 Warga Diminta Tenang

Djoko Sardjono | Nusantara
Pemkab Klaten Nyatakan KLB Covid-19 Warga Diminta Tenang

MI/Djoko Sarjono
Bupati Sri Mulyani

 

KABUPATEN Klaten (Jateng) menetapkan status KLB (kejadian luar biasa) Covid-19, Rabu (1/4), setelah salah satu pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di RSD Bagas Waras Klaten, dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

Penetapan status Kabupaten Klaten KLB Covid-19, disampaikan oleh Bupati Sri Mulyani selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten dalam jumpa pers yang digelar di Pendopo Pemkab Klaten.

Dalam jumpa pers tersebut, hadir Kapolres AKB Wiyono Eko Prasetyo, Dandim Letkol (Kav) Minarso, Asisten I Rony Roekmito, Kepala Dinas Kesehatan Cahyono Widodo, dan Direktur RSD Bagas Waras Limawan Budi Wibowo.

“Kabupaten Klaten saya nyatakan KLB Covid-19. Meski demikian, masyarakat jangan panik dan takut. Taati saja standar protokol pencegahan Covid-19, antara lain sering cuci tangan pakai sabun,” ujar Sri Mulyani.

Menurut Bupati Klaten, PDP yang positif terinfeksi Covid-19, berinisial T, 48, warga Klaten Tengah. Karyawan swasta itu dirawat 11 hari di RSD Bagas Waras, dan dinyatakan positif Covid-19 dari hasil tes swab di lab Yogyakarta.

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan, T mempunyai jam terbang tinggi atau sering pulang pergi Jakarta dan Surabaya dengan kereta api dan pesawat. Sehingga, dugaan sementara T terpapar Covid-19 dari luar daerah.

Dalam kesempatan tersebut, Sri Mulyani mengimbau warga Klaten di perantauan untuk tidak pulang mudik. Karena bisa tertular virus korona di perjalanan. Saat ini, pemudik yang sudah tiba di Klaten sekitar 10.000 orang.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Klaten Cahyono Widodo menjelaskan jumlah total orang dalam pemantauan (ODP) saat ini sebanyak 1.151 orang. Dari jumlah itu, 49 orang dinyatakan sehat dan dirawat 5 orang.

Sedangkan akumulatif pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 13 orang, 12 orang di antaranya menunggu hasil lab, 1 orang proses pengambilan sampel, dan 1 orang (T) yang dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Menyikapi penetapan Kabupaten Klaten KLB Covid-19, Kapolres AKB Wiyono Eko Prasetyo mengatakan akan menelusuri siapa-siapa saja yang pernah kontak dengan pasien yang dinyatakan positif terpapar Covid-19 tersebut. (OL-13

Baca Juga: Empat Perjalanan Kereta Api Palembang-Lampung Dihentikan
Baca Juga: Soal Jalan Tol Ditutup, Jasa Marga Masih Tunggu Pemerintah

 

Baca Juga

MI/Martinus Solo

TPP ASN Kabupaten Sorong Akan Dipotong Untuk Cegah Covid-19

👤Martinus Solo 🕔Kamis 04 Juni 2020, 09:05 WIB
Tunjangan penambah penghasilan (TPP) ASN Kabupate Sorong akan dipotong untik membantu warga terdampak...
MI/Tosiani

Kelompok Tani Temanggung Digerakkan Bisnis Pertanian Lewat Online

👤Tosiani 🕔Kamis 04 Juni 2020, 09:00 WIB
Novi, pengurus Pastakaran menyebutkan, sebelum dijual online omzet yang didapat tiap kelompok rata-rata antara Rp300 ribu sampai Rp2 juta...
MI/Gabriel Langga

Pemkab Sikka Klaim Belum Ada Transmisi Lokal Korona

👤Gabriel Langga 🕔Kamis 04 Juni 2020, 08:55 WIB
Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Sikka, Petrus Herlemus mengatakan belum adanya transmisi lokal  berdasarkan hasil swab 25 orang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya