Rabu 01 April 2020, 21:29 WIB

BNI Fasilitasi Pensiunan Tidak Perlu Datang ke Bank

Raja Suhud | Ekonomi
BNI Fasilitasi Pensiunan Tidak Perlu Datang ke Bank

Antara/Sigid Kurniawan
Nasabah menggunakan mesin ATM di kantor pusat BNI, Jakarta, Senin (19/3).

 

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk yang telah bekerja sama dengan PT Taspen (Persero) dalam hal pembayaran uang pensiun mengeluarkan kebijakan untuk pengambilan uang pensiun bulan April 2020 tidak perlu datang ke bank. 

Pensiunan yang memiliki Kartu ATM dapat dengan mudah melakukan tarik tunai di ATM BNI dan Agen46 terdekat tanpa perlu melakukan autentifikasi atau datang ke kantor cabang BNI. Bagi pensiunan yang belum memiliki kartu ATM BNI silahkan datang ke kantor cabang BNI terdekat untuk mengikuti prosedur penarikan tunai tanpa kartu ATM. 

Kebijakan yang humanis ini ditempuh oleh Taspen dan BNI sebagai respon atas  perlunya kewaspadaan terhadap penyebaran wabah Virus Corona Deseas (COVID - 19) dan guna mengikuti arahan pemerintah untuk melakukan physical distancing. 

"Kemudahan ini kami maksudkan untuk meningkatkan perlindungan terhadap para pensiunan yang rata-rata merupakan kelompok masyarakat yang paling rentan terjangkit Covid-19. Dengan cara ini transaksi penarikan dana pensiun menjadi jauh lebih aman dan nyaman," ujar Direktur Layanan dan Jaringan BNI Adi Sulistyowati di Jakarta, Rabu (1/04)

Jumlah pensiunan Taspen yang akan menerina manfaat dana pensiunnya pada  April 2020 dan dilayani BNI mencapai sekitar  34.701 nasabah. Pembayaran dana pensiun tersebut dapat dilakukan di seluruh cabang BNI. Cabang-cabang berada dibawah 57 cabang padanan Taspen yang disebut Kantor Cabang Koordinator (Kancako). 

Di tengah penyebaran Covid-19,  pensiunan disarankan untuk bertransaksi secara elektronik menggunakan sarana mobile banking sehingga arahan pemerintah untuk di rumah saja dapat diikuti dengan nyaman. 

Apabila tetap membutuhkan layanan perbankan di cabang, layanan ke pensiunan dipastikan aman karena telah diterapkan protokol pengamanan virus corona. Protokol tersebut antara lain protokol tindakan preventif, yaitu berupa pengecekan suhu tubuh kepada semua orang yang masuk ke kantor cabang. Selain itu BNI juga menyiapkan hand sanitizer di lokasi-lokasi yang mudah dijangkau oleh pensiunan.

Kemudahan yang sama juga diberikan oleh Dana Pensiun dan Lembaga Keuangan (DPLK) BNI. Untuk menekan potensi terjangkit COVID -19,  para peserta DPLK dapat melakukan aktivitas setoran ke rekening DPLK-nya (BNI Simponi) melalui e channel BNI (i-bank, M-bank, ATM, SMS Banking, Phone Banking, BNI Direct). 

Sedangkan bagi para peserta yang akan mencairkan dananya, dapat melakukan pengiriman soft copy dokumen via email dan mengirimkan hard copy- nya ke DPLK BNI. Setelah  proses selesai maka pengambilan dananya dapat dilakukan melalui ATM bank manapun. (E-1)

Baca Juga

MI/Supardji Rasban

Cegah Penduduk Miskin Bertambah, Ekonomi Harus Berputar Kembali

👤M Ilham Ramadhan 🕔Kamis 04 Juni 2020, 08:05 WIB
Satu-satunya jalan terbaik yang dapat dilakukan hanyalah kembali menggerakkan aktivitas manusia agar perekonomian...
Antara/Aprilio Akbar

BI Beri Bunga 1,5% untuk Penempatan GWM Perbankan

👤Antara 🕔Kamis 04 Juni 2020, 07:00 WIB
Pemberian bunga jasa kepada bank itu sebagai bentuk berbagi beban atau sharing the pain kepada pelaku ekonomi lainnya di tengah situasi...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Kepercayaan Investor makin Kukuh

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 04 Juni 2020, 06:20 WIB
Rupiah bergerak menguat mendekati level 14.000 per US$ dan indeks harga saham gabungan (IHSG) menuju level psikologis...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya