Rabu 01 April 2020, 21:04 WIB

CHIKA dan VIKA Beri Warna Baru Dalam Pelayanan BPJS Kesehatan 

mediaindonesia.com | Humaniora
CHIKA dan VIKA Beri Warna Baru Dalam Pelayanan BPJS Kesehatan 

Istimewa/BPJS Kesehatan
Hadirnya layanan dalam fitur CHIKA dan VIKA diharapkan mampu membantu peserta JKN-KIS memenuhi kebutuhannya.

 

DI tengah merebaknya virus korona, BPJS Kesehatan kembali menghadirkan inovasinya yang dapat dimanfaatkan oleh peserta JKN-KIS yang ingin mengakses layanan kepesertaan JKN-KIS. Hadirnya layanan dalam fitur CHIKA dan VIKA diharapkan mampu membantu peserta JKN-KIS memenuhi kebutuhannya dalam kepesertaan Program JKN-KIS-nya.

CHIKA merupakan pelayanan informasi dan pengaduan melalui chatting yang direspon artificial inteligence (AI). CHIKA dapat memberikan informasi seperti cek status peserta, cek tagihan BPJS Kesehatan, lokasi fasilitas kesehatan, lokasi kantor cabang BPJS Kesehatan, ubah data peserta, dan registrasi peserta.

Adapaun Fitur CHIKA ini dapat diakses melalui beberapa media sosial seperti Facebook Messenger, Telegram, dan Whatsapp.

"Kali ini, kami perkenalkan inovasi terbaru CHIKA dan VIKA yang dapat diakses oleh peserta JKN-KIS dimanapun dan kapanpun," " kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Karawang, Debbie Nianta Musigiasari, di Karawang, Jawa Barat Selasa (31/03).

"Apalagi, saat ini marak virus crona yang mengharuskan masyarakat untuk berdiam di rumah, dengan adanya inovasi yang kami berikan, peserta JKN-KIS sudah tidak perlu datang ke kantot untuk mendapatkan pelayanan, karena mereka dapat mengaksesnya lewat layanan CHIKA dan VIKA," ujar Debbie.

Selain CHIKA, adapula layanan VIKA yang merupakan pelayanan informasi menggunakan mesin penjawab untuk mengecek status tagihan dan status kepesertaan melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.

Debbie menyebut bahwa memasuki era teknologi, seluruh masyarakat mendambakan mengakses keperluan hanya lewat smartphone saja. Dengan adanya media sosial, Debbie menganggap masyarakat dapa mampu memenuhi kebutuhannya tanpa harus keluar rumah.

“Aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan seluruh peserta JKN-KIS, karena zaman sekarang sudah hampir semua kalangan memiliki media sosial seperti Facebook, Whatsapp, dan Telegram," tuturnya.

"Apalagi di masa sekarang ini, masyarakat dihimbau lebih baik di rumah saja untuk menghindari penyebaran Covid-19, fitur ini tentunya menjadi salah satu solusi yang menjadi jawaban bagi peserta JKN-KIS yang sedang membutuhkan informasi kepesertaan JKN-KIS,” jelas Debbie.

Di sisi lain, penerapan CHIKA dan VIKA ini telah nyata dapat dirasakan langsung oleh salah satu peserta JKN-KIS, Grace,17. Sebagai salah satu penikmat media sosial, menurut Grace, fitur CHIKA ini memberi warna yang cukup menarik bagi anak muda karena dapat memahami Program JKN-KIS melalui penjelasan-penjelasan yang ada di laman fitur CHIKA.

“Saya mencoba berinteraksi dengan CHIKA, responnya sangat cepat, penjelasannya pun cukup memberikan saya informasi. Bagi saya ini sangat menarik karena sangat efektif dari segi biaya dan waktu, sangat mudah diakses kapanpun dan di manapun, pastinya saya akan merekomendasikan fitur ini ke keluarga dan teman-teman saya,” ungkap Grace. (OL-0()

Baca Juga

ANTARA Jatim/HO/WI

Dewan Pers Ingatkan Perlindungan Jurnalis Selama Normal Baru

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 00:24 WIB
Empat pilar jurnalistik harus dijaga, karena apabila terdapat pilar yang terganggu, kualitas kemerdekaan pers akan...
Dok. Istimewa

Penerapan New Normal Harus Dilakukan Hati-Hati

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 00:00 WIB
New normal diberlakukan secara bertahap dimulai dari daerah yang sudah mulai menunjukkan kurva kasus covid-19 melandai dan...
DOk. Pirbadi/Ardi Teristi Hardi

Link & Match dengan Industri, Kemendikbud Buka Prodi S-2 Terapan

👤Syarief Oebaidillah 🕔Jumat 29 Mei 2020, 23:09 WIB
Hal ini dilakukan guna membangun “Link and Match” dengan kalangan dunia usaha dan dunia industri ( DUDI) lebih kuat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya