Rabu 01 April 2020, 21:00 WIB

Besok, WNA Resmi Dilarang Masuk Indonesia Untuk Cegah Covid-19

Cahya Mulyana | Internasional
Besok, WNA Resmi Dilarang Masuk Indonesia Untuk Cegah Covid-19

Antara/Fikri Yusuf
Pemeriksaan suhu tubub di terminal kedatangan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali

 

PEMERINTAH secara resmi telah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kebijakan tersebut kemudian diikuti aturan turunan terkait pelarangan warga negara asing (WNA) untuk masuk atau transit ke Indonesia selama pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Regulasi yang diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 11 Tahun 2020 itu mulai berlaku 2 April 2020, pukul 00.00 WIB sampai dengan masa pandemi Covid-19 dinyatakan berakhir oleh instansi berwenang.

Kendati demikian, pelarangan masuk itu tetap memiliki pengecualian. WNA yang memegang izin tinggal sementara, izin tinggal tetap, izin tinggal dinas dan izin tinggal diplomatik tetap diperbolehkan masuk dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga : Malaysia Lockdown, WNI Buruh Harian Paling Terdampak

Begitu pula bagi WNA yang merupakan tenaga medis dan yang bekerja pada proyek-proyek strategis nasional.

"Mereka bisa masuk wilayah Indonesia dengan syarat memiliki surat keterangan sehat yang dikeluarkan otoritas kesehatan dari masing-masing negara. Mereka juga harus bersedia dikarantina selama 14 hari yang dilaksanakan oleh Pemerintah Republik Indonesia," ujar Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Fadjroel Rachman melalui keterangan resmi, Rabu (1/4).

Agar PSBB berjalan optimal dalam melindungi rakyat dari penyebaran covid-19, Presiden Joko Widodo memberi instruksi agar kementerian/lembaga terkait bersikap tegas dalam implementasi pembatasan perlintasan WNA di Indonesia. (OL--7)

Baca Juga

AFP

Juni, Bioskop di Prancis Bakal Dibuka Kembali

👤Astri Novaria 🕔Jumat 29 Mei 2020, 22:55 WIB
Philippe mengatakan bioskop akan diizinkan untuk dibuka kembali di mana saja di seluruh Prancis pada 22 Juni (atau 24 Juni karena rilis...
AFP

Brasil Catat Rekor Tertinggi Kasus dan Kematian Korona

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 29 Mei 2020, 22:35 WIB
Dikutip dari France24, Jumat (29/5), negara di Amerika Selatan itu memiliki jumlah kasus covid-19 terbesar kedua di dunia, yaitu 438.238,...
AFP/YONHAP

Korsel Tutup Sekolah Lagi setelah Lonjakan Terbesar Kasus

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Jumat 29 Mei 2020, 20:50 WIB
Ribuan siswa sebelumnya pada Rabu kembali ke sekolah. Namun hanya sehari kemudian 79 kasus baru dicatat, angka harian tertinggi dalam dua...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya