Rabu 01 April 2020, 14:59 WIB

Presiden: Belum Ada Dearah yang Melenceng

Andhika prasetyo | Politik dan Hukum
Presiden: Belum Ada Dearah yang Melenceng

Antara
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo menegaskan bahwa seluruh unsur pemerintahan, baik yang berada di pusat maupun daerah, wajib bekerja dengan berlandaskan Undang-undang Kekarantinaan Kesehatan dalam upaya percepatan penanganan covid-19.

Ia tidak menginginkan ada kepala daerah yang membuat agenda tersendiri yang melenceng dari peraturan perundangan yang telah ditetapkan.

Jokowi melihat, sampai saat ini, tidak ada pemerintah daerah yang menerapkan kebijakan yang berbeda dengan pemerintah pusat.

"Sampai saat ini belum ada yang berbeda dan kita harapkan tidak ada," ujar Jokowi dalam konferensi pers, Rabu (1/4).

Beberapa daerah memang ada yang melaksanakan pembatasan kegiatan sosial dan lalu lintas namun, menurut presiden, itu masih dalam tahap yang wajar.

Ia menyadari betul bahwa pemerintah daerah ingin mencoba mengontrol dan menjaga daerah masing-masing.

"Tetapi, sekali lagi, tidak dalam keputusan-keputusan besar misalnya karantina wilayah dalam cakupan gede, atau lockdown," tegas Jokowi.

Kepala negara menekankan bahwa lock down tidak pas untuk diterapkan di Tanah Air yang memiliki kondisi geografis berupa kepulauan sangat luas dengan jumlah penduduk yang sangat besar. Belum lagi, kemampuan fiskal Indonesia masih terbatas.

Negara-negara lain bisa menerapkan itu karena memiliki kondisi yang berbeda. Semua kebijakan dari banyak negara terdampak covid-19, lanjut dia, sudah dipelajari dan semua memiliki nilai positif dan negatif masing-masing.

"Kalau lock down, orang itu tidak boleh keluar rumah, transprotasi harus semua berhenti baik itu bus, kendaraan pribadi, kereta api, pesawat berhenti semua. Kegiatan-kegiatan kantor semua dihentikan. Kita tidak mengambil jalan yang itu. Aktivitas ekonomi kita tetap jalan tetapi masyarakat harus jaga jarak aman, social distancing, physical distancing. Itu yang paling penting," jelas Jokowi. (OL-2)

 

Baca Juga

MI/Saskia A

Istana Ubah Tradisi HUT Kemerdekaan

👤Pra/P-3 🕔Selasa 07 Juli 2020, 06:04 WIB
Kita tetap harus menunjukkan bahwa kita adalah negara besar yang kukuh secara ekonomi, sosial, dan budaya. Meskipun kita lakukan secara...
MI/USMAN ISKANDAR

Rekapitulasi Elektronik Paling Efektif

👤Indriyani Astuti 🕔Selasa 07 Juli 2020, 05:55 WIB
Penggunaan rekapitulasi elektronik (rekap-E) dapat memotong proses penghitungan suara yang biasanya memakan waktu berhari-hari mulai...
Dokumentasi MI/M Soleh

Kejaksaan Buru Djoko ke Malaysia

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 07 Juli 2020, 05:16 WIB
Proses pembuatan KTP elektronik Djoko Tjandra yang berlangsung sekitar 30 menit saja diduga ganjil dan berpotensi malaadministrasi hingga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya