Rabu 01 April 2020, 12:48 WIB

Sembilan WNI di Spanyol Positif Covid-19

Antara | Internasional
Sembilan WNI di Spanyol Positif Covid-19

AFP/Handout / COMUNIDAD DE MADRID
Petugas medis saling membantu mempersiapkan diri sebelum menjalankan tugas di rumah sakit darurat Covid-19 di Madrid, Spanyol.

 

DUTA Besar Indonesia untuk Spanyol Hermono mengungkapkan ada sembilan warga negara Indonesia (WNI) terjangkit virus korona jenis baru atau Covid-19 di 'Negeri Matador' itu.

"Saat ini, tercatat 9 orang terjangkit Covid-19, sebanyak 2 dirawat di rumah sakit, 6 menjalani karantina mandiri di rumah, dan 1 sudah dinyatakan sembuh," ujar Dubes Hermono saat dihubungi, Rabu (1/4).

Jumlah WNI yang tercatat di seluruh Spanyol ada 1.468 orang. Di Madrid sendiri sekitar 400 orang. Mayoritas bekerja dan menikah dengan warga Spanyol.

Sejak 14 Maret 2020, lanjut Hermono, Spanyol mengeluarkan status 'Negara Dalam Keadaan Waspada' atau State of Alarm selama 15 hari
dan sudah diperpanjang 15 hari lagi.

Baca juga: Lockdown di Spanyol Timbulkan Keresahan Penyalahgunaan Kekuasaan

Salah satu konsekuensinya adalah seluruh wilayah diberlakukan lockdown atau karantina wilayah.

"Mulai Senin kemarin status lockdown diperluas. Pegawai yang boleh kerja hanya di sektor esensial saja. Selebihnya harus di rumah sampai 9 April 2020," ujar Dubes Hermono.

Karena status lockdown maka otomatis layanan sangat berkurang. Meski begitu, KBRI tetap buka untuk pelayanan yang sifatnya darurat.

"Sebagai upaya perlindungan, KBRI secara reguler berkomunikasi dengan wakil-wakil WNI di berbagai wilayah untuk memonitor keadaan mereka sekaligus mengingatkan agar tetap waspada. Kepada yang sakit, kita juga selalu memantau perkembangannya dan menawarkan bantuan yang diperlukan," ujar Dubes Hermono.

Secara umum, kondisi WNI tidak ada masalah akibat pemberlakuan kebijakan karantina wilayah. (OL-1)

Baca Juga

AFP/Alberto PIZZOLI

Kematian Akibat Covid-19 di Italia Meningkat Lagi

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 11:15 WIB
Total korban tewas sejak wabah tersebut terungkap pada 21 Februari adalah 33.229, yang merupakan tertinggi ketiga di dunia setelah Amerika...
AFP

Aksi Unjuk Rasa Atas Kematian Flyod Marak, Gedung Putih Ditutup

👤Deri Dahuri 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 09:47 WIB
Pada pagi Jumat (30/5) waktu setempat atau hari ini (31/5) waktu Indonesia, para demonstran berkumpul di luar Gedung Putih yang menjadi...
AFP/CARL DE SOUZA

Korban Meninggal Akibat Covid-19 di Brasil Lampaui Spanyol

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 09:44 WIB
Brasil berada di urutan kedua dalam jumlah kasus yang dikonfirmasi, meskipun masih berada jauh di belakang Amerika Serikat (AS) yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya