Rabu 01 April 2020, 08:58 WIB

Mensos Bantah Pemerintah Lamban Salurkan Bantuan Covid-19

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Mensos Bantah Pemerintah Lamban Salurkan Bantuan Covid-19

ANTARA/Harviyan Perdana Putra
Menteri Sosial Juliari P Batubara (kedua kiri)

 

MENTERI Sosial Juliari P Batubara mengatakan penyaluran bantuan sembako langsung tersebut merupakan bagian dari stimulus fiskal untuk jaring pengaman sosial (social safety net) yang disampaikan Presiden Joko Widodo.

Oleh karena itu, ia membantah adanya anggapan bahwa pemerintah lamban dalam merespon berbagai masalah yang dihadapi masyarakat terdampak Covid-19.

“Pemerintah perlu menghitung dengan cermat, segala konsekuensinya agar dalam pelaksanaannya berjalan baik. Melalui bansos regular, seperti PKH dan Progam Sembako, sudah langsung bisa dirasakan masyarakat,” kata Juliari, dalam keterangan resmi, Rabu (1/4).

Baca juga: Penyalurkan Sembako ke Warga Terdampak Covid-19 Dimatangkan

Hanya saja, memang dalam pelaksanaan penyalurannya di lapangan, Mensos berpesan agar dilakukan dengan sepenuhnya memperhatikan ketentuan social distancing.

"Ini yang perlu diperhatikan. Kemensos melalui pilar-pilar sosial dan pendamping sudah menegakkan ketentuan ini. Mungkin juga nanti perlu melibatkan kepolisian agar tidak terjadi kerumunan,” sebutnya

Selain opsi penyaluran paket sembako langsung kepada masyarakat terdampak, Kemensos juga tengah membahas penambahan bansos kepada 3,7 juta pekerja sektor informal dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dengan program bansos tersebut, diharapkan dapat menahan keinginan masyarakat untuk mudik.

Sebelumnya disampaikan, Program Sembako dan PKH merupakan bagian dari kebijakan jaring pengaman sosial sebagai bentuk dukungan Kemensos dalam mengurangi beban keluarga miskin dan rentan.

Kementerian Sosial telah meningkatkan indeks bantuan Program Sembako dari semula Rp150.000/KPM/bulan menjadi Rp200.000/KPM/bulan.

Kenaikan bansos sebesar Rp50.000 tersebut, diperuntukkan bagi 15,2 juta KPM Program Sembako yang diberikan selama sembilan bulan yakni dari Maret sampai November 2020.

Kemensos juga mempercepat penyaluran bantuan kepada 10 juta KPM PKH. Penyaluran bantuan PKH dilakukan setiap tiga bulan sebanyak empat kali dalam setahun. Yakni pada Januari, April, Juli, dan Oktober setiap tahun. Untuk pencairan periode kedua, yakni pada April dimajukan pada Maret ini.

Demikian pula untuk pencairan periode ketiga Juli, akan dimajukan pada April nanti. Percepatan pencairan bansos PKH diharapkan dapat menjaga daya beli KPM PKH dan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh KPM untuk meningkatkan gizi anak sehingga mereka dapat terhindar dari penyebaran virus korona. (OL-1)

Baca Juga

AFP

Dwayne Johnson Jadi Orang Terkaya di Instagram

👤MI 🕔Jumat 03 Juli 2020, 02:35 WIB
PARA influencer di media sosial mampu menghasilkan banyak uang hanya dengan sekali...
AFP

Pangeran Harry Mengenang Perjuangan Ibunda

👤Bagus Pradana 🕔Jumat 03 Juli 2020, 02:10 WIB
PANGERAN Harry, 35, muncul dan memberikan sambutan dalam helatan Diana Award 2020 yang digelar secara virtual, Rabu (1/7) waktu...
ANTARA/ADENG BUSTOMI

Era Kenormalan Baru, Inovasi Pengembangan Potensi Desa Diharuskan

👤Arnoldus Dhae 🕔Jumat 03 Juli 2020, 01:15 WIB
Inovasi dan kreativitas pengembangan potensi desa menghadapi era kenormalan baru di tengah pandemi COVID-19 harus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya