Selasa 31 Maret 2020, 23:30 WIB

Papua Terapkan Pembatasan Sosial, Bukan Lockdown

Marcelinus Kelen | Nusantara
Papua Terapkan Pembatasan Sosial, Bukan Lockdown

MI/SUPARDJI RASBAN
Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono akan menutup jalan di Tegal untuk mencegah penyebaran covid-19.

 

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, DR T.E.A Hery Dosinaen menegaskan bahwa Provinsi Papua tidak menerapkan lockdown. Terkait Surat Edaran (SE) No. 440/3705/SET. SE ini yang antara lain mengatur tentang perpanjangan waktu Pembatasan Masuk Keluar Orang, dia menyebut Provinsi Papua tidak memberlakukan lockdown.

Dosinane menuturkan pihaknya hanya mengatur pergerakan penumpang masuk dan penumpang keluar lewat laut dan udara dihentikan. Pengaturan, imbuhnya, dilakukan dalam rangka pencegahan meluasnya wabah covid-19 di provinsi tertimur Indonesia ini.

"Ini bukan lockdown, tapi hanya pembatasan sosial yang diperluas dengan berbagai konsekuensi. Masyarakat harus bisa memahami bahwa semuanya ini untuk pencegahan agar covid-19 tidak makin menyebar," ujar Dosinaen.

Menurutnya, masyarakat Papua bisa menghadapi semua kondisi. "Tidak ada masalah. Logistik masih ada. Bahkan mau makan keladi dan ubi, masyarakat Papua tidak ada masalah. Orang Papua tetap hidup. Yang terpenting, sekarang kita tutup dulu arus penumpang masuk ke dalam atau keluar Papua, sehingga semuanya bisa terkontrol," paparnya.

Baca juga: Papua Pertimbangkan Opsi Lockdown

Dosinaen yang juga merupakan Ketua Satgas Penanggulangan dan Pencegahan Covid-19 di Provinsi Papua menyebutkan bahwa kini ada 5 orang positif covid-19 di Jayapura dan 2 orang di Merauke.

"Untuk dua dari Merauke sudah dinyatakan negatif. Kami sudah terima laporannya. Namun, mereka harus menjalani dua kali tes dulu, baru akan diumumkan," kata Dosinaen.

Hal tersebut, imbuhnya, menunjukkan bahwa penanganan pasien covid-19 sudah luar biasa. "Dan yang positif itu pun dalam keadaan kondisi ringan sampai sedang. Mereka tidak memakai oksigen atau segala macam. Namun, mereka tetap dilakukan isolasi agar jangan sampai menular kepada orang lain," pungkasnya. (OL-14)

 

Baca Juga

DOK MI

Polda Jambi Siap Tegakan Aturan Tatanan New Normal

👤Solmi 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 00:50 WIB
Polda Jambi berharap seluruh masyarakat bisa menerima dan mendukung kebijakan new normal yang akan...
DOK MI

Pemkab Banyumas Waspadai Munculnya Klaster Baru Virus Korona

👤Lilik Darmawan 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 00:40 WIB
Di Desa Sokawera, kasus positif dialami seorang perempuan berusia 26 tahun yang baru datang dari...
MI/Adi Kristiadi

Pemkot Tasikmalaya Perpanjang PSBB di Wilayah Zona Merah

👤Kristiadi 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 00:25 WIB
Perpanjangan PSBB dilakukan di Cigantang, Sambongjaya, Kahuripan, Argasari, Empangsari, dan Cilembang yang masih berada di zona merah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya