Selasa 31 Maret 2020, 22:20 WIB

Pemkab Gianyar Siapkan Tempat Karantina bagi ODP

Ruta Suryana | Nusantara
Pemkab Gianyar Siapkan Tempat Karantina bagi ODP

Antara
Petugas medis membawa pasien ke ruang isolasi saat simulasi penanganan pasien virus corona di RS Hasan Sadikin

 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gianyar menyiapkan tempat karantina bagi ODP (Orang Dalam Pemantauan) terutama pekerja migran Indonesia (PMI) asal Gianyar. Pemkab memanfaatkan Gedung UPT Laboratorium Perlindungan Tanaman Perkebunan milik Pemerintah Provinsi Bali yang berlokasi di Banjar Mas, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh.

"Tempat ini kami pilih karena ini milik pemerintah. Jadi, kita optimalkan dulu aset milik pemerintah. Ada 11 kamar di sini," ujar Bupati Gianyar, I Made Mahayastra, Selasa (31/3).

Alasan Pemkab Gianyar, lanjutnya, menyiapkan tempat karantina adalah karena Kabupaten Gianyar memiliki cukup banyak PMI yang kembali pulang di tengah merebaknya kasus covid-19 di negara tempat mereka mencari nafkah.

Baca juga: Kasus Meningkat, Bali Tambah 7 Rumah Sakit Rujukan Covid-19

"Jika salah satu di antara mereka ada yang positif, tentu akan ada banyak ODP yang harus dipikirkan tempat karantinanya.

Bendesa Desa Adat Wanayu Mas, Ida Bagus Made Parsa mengatakan dirinya dan seluruh warga di Banjar Mas, Desa Bedulu mendukung segala kebijakan dari pemerintah Kabupaten Gianyar. Pihaknya bersama seluruh warga merasa aman dan ikhlas dipilihnya lokasi ini sebagai tempat karantina, karena sudah ada jaminan dari Pemkab Gianyar akan keamanan warga sekitarnya.

Made Parsa juga menyadari dalam penanganan covid-19 bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi juga seluruh masyarakat. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Selain Risma. Khofifah Juga Telepon Doni Monardo soal Mobil Lab

👤Henri Siagian 🕔Jumat 29 Mei 2020, 23:43 WIB
"Kami mengirim surat permohonan dukungan percepatan penegakan diagnosis covid-19. Di dalam surat, kami mengajukan permohonan 15 unit...
Antara

Mobil Lab Dipakai di Daerah Lain, Risma Mengadu ke Doni Monardo

👤Henri Siagian 🕔Jumat 29 Mei 2020, 23:22 WIB
Awalnya, kata dia, mobil itu digunakan untuk pasien di Asrama Haji dan Dupak Masigit. Mobil laboratorium yang mestinya di Asrama Haji pada...
Antara

Amankan Pasokan Beras, Percepat Musim Tanam Kedua

👤Palce Amalo 🕔Jumat 29 Mei 2020, 21:55 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan pihaknya melakukan gerakan percepatan tanam padi di lahan seluas 5,6 juta hektare...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya